facebook

Tips Memilih Ukuran Pelek Aftermarket untuk Mobil

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tips Memilih Ukuran Pelek Aftermarket untuk Mobil
Perlu hati-hati untuk memilih ukuran pelek aftermarket. Foto: Ilustrasi pelek HSR. [Dok HSR Wheel]

Ukuran pelek aftermarket sebaiknya hanya naik maksimal 2 inchi dari ukuran standar.

Suara.com - Pelek, selain berfungsi menopang kendaraan, bisa juga memperindah penampilan mobil. Karenanya banyak orang yang gemar menggunakan pelek aftermarket agar tunggangannya lebih cantik atau garang.

Meski demikian, memilih pelek aftermarket sebenarnya bukan perkaran sederhana. Salah-salah, mobil kamu bisa rusak atau bahkan mengalami kecelakaan yang membahayakan nyawa pengendara.

Lalu bagaimana trik memilik pelek aftermarket agar mobil tetap nyaman untuk dipakai setiap hari? Marketing Director HSR Wheel, Hendra Wijaya menyarankan, pelek sebaiknya hanya naik maksimal 2 inchi dari ukuran standar.

"Rekomendasi milih pelek sebaiknya liat dulu dari ukuran ring yang standar. Biasanya yang disarankan naik dua dari versi standarnya," ujar Hendra, di Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga: Masih Produksi China, HSR Wheel Mengaku Ingin Bikin Pelek di Indonesia

Hendra mencontohkan, semisal pelek standar berukuran ring 16. Berarti untuk tetap nyaman baiknya maksimal pakai ring 18. Tapi mungkin ada beberapa mobil yang memang memiliki kabin besar seperti Innova itu naik sampai 3 inchi.

"Itu tidak ada ubahan apa pun di mobil. Jadi pelek makin besar tapi ban semakin tipis," terang Hendra.

Untuk jenis mobil yang paling banyak melakukan penggantian pelek diakui masih datang dari model city car. Pasalnya jenis mobil tersebut memang paling banyak digunakan untuk mobilitas sehari-hari.

"Karena memang pemiliknya pakai untuk harian. Tapi pengen mobilnya tetap tampil gaya," tutup Hendra.

Baca Juga: HSR Wheel Jajaran Pelek Baru untuk Penggila Modifikasi

Komentar