facebook

Manfaatkan Layanan Biskita Trans Pakuan, Kini Lebih Mudah Pakai Aplikasi Teman Bus

RR Ukirsari Manggalani
Manfaatkan Layanan Biskita Trans Pakuan, Kini Lebih Mudah Pakai Aplikasi Teman Bus
BisKita Trans Pakuan saat diresmikan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, Rabu (15/12/2021).[Devina/SuaraBogor]

Biskita Trans Pakuan adalah konversi dari angkot di Kota Bogor.

Suara.com - Layanan Biskita Trans Pakuan kekinian sudah bisa diakses di aplikasi Teman Bus dengan ongkos yang masih gratis, demikian disampaikan Direktur Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) Kota Bogor, Lies Permana Lestari, sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara.

"Biskita Trans Pakuan kini ada di aplikasi Bus Teman. Silakan download dan nanti pilih kota Bogor, akan jelas semua informasinya," jelas Lies Permana Lestari di Kota Bogor, pada Senin (28/2/2022).

Disebutkannya bahwa pengguna aplikasi Teman Bus bisa mendapatkan informasi Biskita Trans Pakuan seperti rute, halte, dan jadwal keberangkatan secara langsung.

Aplikasi Teman Bus. [sceenshot aplikasi]
Aplikasi Teman Bus. [screenshot aplikasi]

Aplikasi Teman Bus sendiri adalah penerapan program Buy the Service (BTS) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diluncurkan Juni 2020. Tujuan aplikasi adalah pengembangan angkutan umum di kawasan perkotaan berbasis jalan raya.

Layanan hingga saat ini sudah beroperasi di 11 kota, yaitu Medan, Denpasar, Palembang, Solo, Yogyakarta, Makassar, Banyumas, Bandung, Banjarmasin, Surabaya, serta Kota Bogor.

Warga bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan cara mengunduh di AppStore maupun PlayStore. Hingga saat ini, sejak diluncurkan pada 2 November 2021 Biskita Trans Pakuan telah melayani masyarakat di Kota Bogor secara gratis.

Jumlahnya kini mencapai 49 bus dengan mengkonversi 147 angkutan umum kota (angkot). Program ini direncanakan secara bertahap menggantikan semua angkot di Kota Bogor, yang sebagian sopirnya dilatih menjadi sopir bus Kita Trans Pakuan.

Lies Permana Lestari mengemukakan, langkah dalam mengakses kemudahan mencari angkutan kota baru itu pada aplikasi Teman Bus, pilih kota, lalu klik fitur jadwal dan pilih fitur jadwal Teman Bus, kemudian tinggal tunggu di halte sesuai rute yang dituju.

Selanjutnya, ketika akan naik bus, jangan lupa siapkan kartu non-tunai, gunakan masker, pakai hand sanitizer dan jaga jarak. Naik dan tempelkan kartu non tunai pada perangkat reader yang ada di dalam bus Kita Trans Pakuan.

Baca Juga: MWC Barcelona 2022 Dibuka, Lewis Hamilton dan Fernando Alonso Siap Jadi Pembicara

Komentar