Porsche Buka Peluang Kerjasama dengan Apple, Kembangkan Mobil Listrik?

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Porsche Buka Peluang Kerjasama dengan Apple, Kembangkan Mobil Listrik?
Ilustrasi logo Porsche. (Shutterstock)

Porsche telah memiliki beberapa jenis kerja sama dengan Apple.

Suara.com - Chief Executive Officer Porsche, Oliver Blume mengungkap kemungkinan untuk melakukan proyek kerjasama dengan perusahaan teknologi Apple.

"Kami sudah memiliki Apple CarPlay, kami akan memperluasnya," kata Oliver Blume saat konferensi video pada hari Jumat (18/3/2022), dikutip dari Carscoops.

Dia mengatakan Porsche dan Apple sudah lama menjalin kerjasama. Tetapi mungkin terlalu dini untuk membuat keputusan tentang proyek masa depan.

"Porsche juga saat ini sedang mempertimbangkan apakah akan memasuki Formula Satu. Tetapi belum ada keputusan yang dibuat," ujar Blume.

Baca Juga: Anggap Petinggi Polda Metro Jaya Tidak Melihat Masalah Apple to Apple, Bripka Madih Keberatan Soal Hak Tanah Dikaitkan KDRT

Seperti diketahui, Apple telah beberapa kali berganti mitra untuk pengembangan mobil listrik yang akan dilahirkannya. Mulai dari produsen mobil Asia sampai Eropa. Hingga kini belum ada yang terealisasi.

Apple bahkan dikabarkan sempat melakukan pembicaraan dengan sejumlah pabrikan besar seperti BMW Group, Hyundai Motor Group, Nissan dan Toyota. Namun sepertinya tidak membuahkan hasil, sehingga terjadi putus rencana menggarap bersama-sama.

Menurut sumber, Apple saat ini meminta informasi tentang suku cadang dari pemasok dan berniat membangun pusat Research and Development (R&D) sendiri. Artinya perusahaan diperkirakan akan mengembangkan mobilnya sendiri tanpa menggandeng produsen mobil yang sudah mapan.