facebook

Prestige Aviation Order 100 Unit EHang 216, Hari Ini Ada Demo Taksi Udara di IIMS Hybrid 2022

RR Ukirsari Manggalani
Prestige Aviation Order 100 Unit EHang 216, Hari Ini Ada Demo Taksi Udara di IIMS Hybrid 2022
Pesawat tanpa awak, EHang 216 di IIMS Hybrid 2022, Sabtu (9/4/2022). [Suara.com/Manuel Jeghesta]

Acara penandatanganan perjanjian 100 unit EHang 216 diadakan di IIMS Hybrid 2022.

Suara.com - Berlokasi di aspal area Indonesia International Motor Show atau IIMS Hybrid 2022, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (9/4/2022) PT Prestisius Aviasi Indonesia atau Prestige Aviation melakukan penandatanganan pre-order. Yaitu pra pemesanan 100 unit taksi udara EHang 216 kepada pihak produsennya, EHang.

Dikutip dari kantor berita Antara, penandatanganan perjanjian dihadiri Rudy Salim, Executive Chairman Prestige Aviation, Johnson Yaptonaga, Chairman Prestige Aviation, Huazhi Hu, Founder dan CEO EHang. Serta disaksikan Bambang Soesatyo, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan Marco Isaak, Komisaris Black Stone Cargo Airline.

Acara peresmian penandatanganan ditandai demo penerbangan EHang 216 di IIMS Hybrid 2022 pada Jumat (8/4/2022), Sabtu (9/4/2022), serta hari ini, Minggu (10/4/2022).

"Pilot kami masih dalam tahap pelatihan, sehingga semua EHang 216 dikendalikan dari ground control di China. Hari ini bukan pilot Indonesia karena kami masih melakukan sertifikasi," jelas Rudy Salim, Executive Chairman Prestige Aviation di Jakarta, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga: Pernak Pernik Produk Perawatan di IIMS Hybrid 2022

Dari sisi keamanan, ia memastikan bahwa EHang memiliki standar keamanan yang sudah dibuktikan walau kendaraan dikendalikan dari jarak jauh. Baik dari sisi perusahaan maupun dari sisi user interface dan take-off.

"Saya rasa dari sisi keamanan sudah pasti diperhitungkan karena EHang sendiri adalah perusahaan yang sudah terdaftar di NASDAQ di Amerika Serikat dan secara white paper sudah dibuktikan dari sisi user interface dan take-off, sudah terbukti sangat baik. Jadi saya rasa seharusnya sudah aman," tambahnya.

Penandatanganan perjanjian ini menindaklanjuti kesuksesan uji coba penerbangan EHang 216 di Bali pada November 2022.

Dalam demo tersebut, EHang 216 berhasil mengudara pada ketinggian 300 m mengitari Pulau Bali serta terbang tanpa awak dan penumpang.

Baca Juga: IIMS Hybrid 2022 Masih Buka Dua Hari, Jangan Terlewat Menyaksikan Deretan Mobil Listrik Tesla

Perusahaan mengatakan kesuksesan demo meningkatkan pengetahuan dan minat masyarakat terhadap kendaraan udara swakemudi. Prestige Aviation juga mengatakan pihaknya menjadi perusahaan pertama yang membawa teknologi ini bagi masyarakat Indonesia.

Rudy Salim mengatakan pihaknya berharap dapat memenuhi kebutuhan transportasi udara Indonesia dan siap mendukung Ibu Kota Negara baru yang mengusung konsep smart city.

Dengan adanya transportasi udara yang memfasilitasi mobilitas antar-pulau akan membantu pertumbuhan perekonomian tiap daerah.

"Apalagi ongkos yang dikeluarkan terbilang murah dibandingkan dengan menempuh perjalanan melalui jalur darat. Era baru mobilitas udara telah dimulai," pungkas Rudy Salim.

Komentar