facebook

Sah, Menparekraf Resmikan Layanan Sepeda Motor Listrik di Kawasan Borobudur

RR Ukirsari Manggalani
Sah, Menparekraf Resmikan Layanan Sepeda Motor Listrik di Kawasan Borobudur
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (tengah) saat motoran bersama kendaraan listrik yang disediakan Grab Indonesia di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (17/5/2022) [ANTARA/HO-Kemenparekraf].

Pengguna bisa keliling kawasan Candi Borobudur--tentunya di area yang dibolehkan--dan desa-desa wisata penyangganya pakai skutik listrik.

Suara.com - Kemarin, Selasa (17/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meresmikan layanan kendaraan listrik ramah lingkungan di kawasan  Borobudur, Jawa Tengah.

Dikutip dari kantor berita Antara, layanan ini disediakan Grab Indonesia, dan bekerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur.

Tujuannya, menyediakan layanan kendaraan bermotor ramah lingkungan yang dapat digunakan wisatawan untuk berkeliling kawasan serta desa-desa wisata di sekitarnya.

Ilustrasi - Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. [ANTARA/Heru Suyitno]
 Candi Borobudur di Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. [ANTARA/Heru Suyitno]

"Kendaraan ramah lingkungan ini didesain untuk harga terjangkau bagi para wisatawan, dan akan mengurangi jejak karbon," jelas Menparekraf Sandiaga Uno saat acara peluncuran di Desa Wisata Kawasan Borobudur, Magelang, Jateng, dalam keterangan resmi tertulisnya.

Baca Juga: Bekal Desain dan Sistem Transmisi Baru, All-New Nissan X-Trail Segera Mendarat di Australia

Selain digunakan jalan-jalan keliling kawasan dan desa-desa wisata penyangga, tersedia pula layanan Grab Tour. Tujuannya memperkuat potensi desa wisata dan pengalaman lebih bagi wisatawan, serta meningkatkan produktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Grab Mart dan Grab Food.

"Kami memiliki satu komitmen untuk pariwisata berkelanjutan dan ini membuka peluang usaha bagi para merchant UMKM dan juga lapangan kerja," jelas Menparekraf Sandiaga Uno.

Saat ini tersedia 50 unit kendaraan listrik yang bisa digunakan dalam waktu dekat sehingga wisatawan dapat memakai jasa ini saat liburan.

SPKLU PLN untuk kendaraan terelektrifikas tampil di IIMS Hybrid 2022 [Suara.com/CNR ukirsari].
SPKLU PLN untuk kendaraan terelektrifikas tampil di IIMS Hybrid 2022, sebagai ilustrasi motor listrik [Suara.com/CNR ukirsari].

Selain itu Sandiaga Uno juga mendorong Grab dengan mitra kolaborasi lainnya untuk menjangkau sebanyak mungkin desa wisata di Indonesia yang totalnya mencapai 3.500 desa.

Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menyatakan layanan kendaraan listrik merupakan komitmen dari Grab Indonesia dalam mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif lebih berkualitas serta berkelanjutan.

Baca Juga: Britania Raya Tidak Lagi Memasarkan Sedan Vauxhall Insignia

"Kami lihat potensi yang luar biasa dan animo masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan juga sangat tinggi," ungkapnya.

"Kami memperkenalkan kendaraan listrik sejak 2019. Kami luncurkan di lokasi daerah-daerah pariwisata terutama di Borobudur ini atas arahan Menparekraf, sekaligus memberdayakan desa wisata," pungkas Ridzki Kramadibrata.

Komentar