Tentang Cek Fakta

Cek Fakta ada bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com. Pengerjaannya pada dasarnya mirip dengan proses kerja jurnalistik biasa, namun dengan langkah-langkah yang lebih terstruktur, terukur, sekaligus berusaha lebih transparan menampilkan sumber-sumbernya.

Metode Kerja & Penyajian
  1. Kabar, klaim, maupun informasi yang hendak diperiksa atau diuji faktanya bisa didapat dari pemberitaan yang beredar, info-info di media sosial, maupun yang viral di masyarakat, dengan syarat harus jelas sumbernya (sebaiknya dilengkapi tangkap layar/screen capture).
  2. Kabar/klaim/informasi tersebut kemudian dicek kebenarannya, terutama dengan mencari atau menghubungi sumber-sumber kredibel yang terkait, mulai dari tokoh/lembaga resmi, data resmi, bukti visual/audio orisinil atau yang terkait, berita-berita terkait di media massa, hingga hasil periksa fakta yang pernah dipublikasikan sebelumnya (jika ada). Dalam hal ini, penelusuran juga memanfaatkan jaringan kolaborasi media se-Indonesia yang antara lain hadir lewat CekFakta.com, termasuk dengan salah satu rekanannya yaitu Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) yang mengelola Turnbackhoax.id.
  3. Hasil pengecekan atau penelusuran kemudian dicermati atau dianalisa, bila perlu dicek ulang lewat sumber-sumber lainnya, sebelum kemudian didapat kesimpulan untuk ditulis dan disajikan.
  4. Penyajian konten Cek Fakta sendiri secara umum akan tersusun sesuai urutan: judul dan ringkasan, penjelasan klaim/informasi apa yang diperiksa, penelusuran dan hasilnya, kemudian bisa diakhiri dengan kesimpulan.
Tim Redaksi Cek Fakta

Penanggung Jawab : Suwarjono

Koordinator Tim : Arsito Hidayatullah
Penguji Fakta (Fact-checkers) :
-Reza Gunadha
-Bangun Santoso
-Redaktur lintas desk (situasional)

Disclaimer

Meskipun konten-konten Cek Fakta sudah melalui proses penelusuran dan pengecekan yang cermat serta ketat, hasil maupun kesimpulannya tidak mesti merupakan sebuah kebenaran yang sesungguhnya. Hal itu karena data dan sumber yang digunakan atau ditemukan pun bisa saja berbeda tingkat akurasi atau validitasnya. Untuk itu, pembaca maupun publik diharapkan menerima dan memahaminya dengan bijak, minimal sebagai bahan pembanding. Lebih dari itu, pembaca/publik juga dipersilakan memberi kritik maupun masukan, lebih baik lagi jika bisa mengajukan sumber yang lebih valid terkait konten/topik tertentu. Pada akhirnya, konten-konten Cek Fakta sekaligus bertujuan agar pembaca atau publik dapat lebih kritis dan cerdas dalam menerima berbagai informasi apa pun yang beredar, sehingga penyebaran hoaks atau mis/disinformasi pun dapat dibatasi.

Hubungi Kami

Jika ada kritik/koreksi atau masukan, maupun bila ada informasi yang ingin diperiksa kebenarannya, pembaca/publik dipersilakan menghubungi kami (dilengkapi detail informasi dan identitas jelas) melalui email cekfakta@suara.com. Jalur komunikasi lain bisa melalui nomor telepon redaksi Suara.com di 021 - 724 1888 / 720 8374. Selain itu, tanggapan langsung juga bisa disampaikan melalui kolom komentar di setiap konten Cek Fakta.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS