alexametrics

Ratusan Balita di Manokwari Terserang Penyakit Pernapasan

Ratusan Balita di Manokwari Terserang Penyakit Pernapasan

KABARPAPUA.CO, Manokwari – Seratusan lebih balita terserang inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA), malaria dan batuk-pilek. Temuan ini didapat saat aksi pengobatan gratis yang dilakukan Hope World Wide Indonesia bersama dengan Palapa Timur Telematika di Puskesmas Sanggeng, Minggu 10 Desember 2017.

Aksi pengobatan gratis dilakukan dalam rangka HUT Armada RI ke-72 tahun. Dalam pengobatan gratis juga dilakukan pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan menyusui.

Presiden Commisioner/BOC Palapa Timur Telematika, Imanuel Eka Putra mengatakan banyak ibu hamil dan menyusui di Manokwari yang minim pengetahuan kesehatan. Dalam kesempatan itu, petugas medis memberikan penyuluhan kesehatan. Salah satunya untuk memenuhi asupan nutrisi sebagai salah satu pendukung perkembangan janin selama kehamilan. Harapannya, anak yang dilahirkan dapat menjadi generasi sehat untuk Papua Barat.

Ketua Hope World Wide Indonesia Papua Barat, Musa Moai, menuturkan pengobatan gratis mengusung tema cinta keluarga membangun negeri. Semua fasilitas dan penyuluhan di bakti social tanpa dipungut bayaran, alias gratis.

“Termasuk pemeriksaan USG pada ibu hamil, perkembangan dan kesehatan janin secara keselurihan,” jelasnya.

Ketua Tim Medis dalam Baksos ini, dr Mariah menjelaskan dari 200-an bayi dan balita yang diperiksa, lebih dari 100-an bayi dan balita terserang penyalit pernapasan. Tim medis juga menemukan dua kasus balita yang mengalami keterlambatan tumbuh kembang pada anak.

Usai pengobatan gratis, Palapa Timur Telematika juga membagikan 200 paket sembako yang berisi minyak goreng, tepung, kopi, susu kaleng, sirup, mentega, gula pasir, teh celup, serta makan siang bersama. ***(Oki Rose)

Terkini