alexametrics

Indeks Harga Pangan Naik, Sri Mulyani Khawatir Picu Kenaikan Inflasi

Indeks Harga Pangan Naik, Sri Mulyani Khawatir Picu Kenaikan Inflasi

home Ekonomi Pasar Indeks Harga Pangan Naik, Sri Mulyani Khawatir Picu Kenaikan Inflasi Senin, 25 Oktober 2021 | 14:01 WIB Menkeu Sri Mulyani dalam konfrensi pers virtualnya, Jumat (6/8/2021). [Tangkapan layar]

KlikBabel.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat ini mengkhawatirkan indeks Harga pangan global yang terus menunjukan peningkatan, pasalnya dengan kenaikan indeks ini bisa memicu laju inflasi di seluruh dunia termasuk Indonesia.

“Indeks harga pangan yang harus kita waspadai karena kita khawatir nanti akan bisa menjadi pemicu inflasi," kata Sri Mulyani dalam konfrensi pers APBN Kita, Senin (25/10/2021).

Sri Mulyani menerangkan ancaman ini tentunya akan mempengaruhi kondisi pemulihan ekonomi global yang saat ini dalam tren pemulihan yang cukup positif.

Dimana kata dia Purchasing Managers' Index (PMI) global sampai dengan bulan september tercatat ekspansif di level 54,1 dampak semakin terkendalinya covid-19. Disisi lain, PMI Indonesia juga semakin ekspansif.

Sementara itu kegiatan manufaktur yang ditunjukkan dengan PMI Indonesia sebesar 52,2 dan PMI manufaktur di berbagai negara ASEAN juga mulai menunjukkan pemulihan.

"Jadi indeks harga pangan ini merupakan hal yang perlu untuk kita waspadai,” katanya.

Sedangkan jika dilihat di negara-negara utama yang mempengaruhi kinerja perekonomian global, seperti Amerika dan Eropa yaitu di level 60 dan 58, 6. Artinya kegiatan manufaktur global mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Kenaikan aktivitas ekonomi seluruh dunia juga menyebabkan kenaikan harga komoditas. kalau kita lihat di indonesia akan menghadapi juga dampak dari kenaikan komoditas unggulan ini," pungkasnya.

loading...
Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com

bagikan
halaman ini       Berita Terkait Sri Mulyani Kerek Naik Tarif Ekspor Produk Kelapa Sawit 38.600 Ton Jadi Target PT Timah Tahun Ini Demi Meningkatan Pengarajin Pewter, PT Timah Bekerja Sama Dengan Pemda Riau TPID Kota Cari Formula Tata Niaga Ikan Topik #Inflasi #Menteri Keuangan Sri Mulyani Komentar Berita Terbaru 3 Hours Klarifikasi Menag Yaqut tentang Kemenag Hadiah Negara untuk NU: Untuk Motivasi Santri 4 Hours Sri Mulyani Yakin Ekonomi Tahun Ini Bisa Capai 4 Persen 4 Hours Tokoh Agama Usul Kemenag Dibubarkan, Buntut Ucapan Kontroversial Menag Yaqut yang Viral 5 Hours Resmi! Jokowi Lantik Fadjroel Rachman hingga Rosan Roeslani jadi Dubes LBBP RI 6 Hours Penerbangan Domestik Wajib Tes PCR, YLKI: Diskriminatif dan Kental Aura Bisnis 8 Hours Presiden Jokowi Terima Surat Kepercayaan Sembilan Duta Besar Negara Sahabat 8 Hours Pemerintah Minta Masyarakat Cermati Penurunan Kepatuhan Jaga Prokes di Sejumlah Daerah 8 Hours Harga Emas Dunia Naik, Menguat ke Level Tertingginya 8 Hours IHSG Dibuka Loyo ke Level 6.626 di Awal Pekan Ini 8 Hours Harga Minyak Dunia Terus Menguat, Apa Sebabnya?

Terkini