facebook

Kasus Omicron Melonjak, Pemerintah Belum Akan Lockdown

Kasus Omicron Melonjak, Pemerintah Belum Akan Lockdown

Jakarta – ligo.id – Kasus Covid-19 di tanah air mulai kembali meningkat akibat varian Omicron yang mudah menular.

Meski demikian, pemerintah belum akan menerapkan kebijakan pengetatan seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, pemerintah masih akan memberlakukan kebijakan PPKM per level menyusul meningkatnya jumlah kasus COVID-19 yang dipicu varian omicron.

Luhut menjelaskan, sejak omicron terdeteksi satu bulan lalu di Indonesia, peningkatan kasus COVID-19 sampai saat ini masih relatif terkendali.

Ia mengatakan, jumlah kasus terkonfimasi dan aktif masih lebih rendah 90 persen dibandingkan dengan puncak kasus delta pada Juni-Juli 2021 lalu.

“Pemerintah hari ini menegaskan akan terus menggunakan assestment level sebagai basis pengetatan masyarakat. Sampai saat ini pemerintah belum berpikir untuk memberlakukan PPKM darurat lagi atau melakukan lockdown. Pemerintah meminta kepada setiap kepala daerah , agar tetap taat pada peraturan assestment level yang dikeluarkan pemerintah dan menaati setiap kewajiban yang dituangkan untuk mencegah dampak buruk di kemudian hari,” ungkap Luhut usai Ratas Evaluasi PPKM.

Terkini