Kisah Rombongan 50 dan Tiga Orang Penghuni Pertama Kota Payakumbuh

Kisah Rombongan 50 dan Tiga Orang Penghuni Pertama Kota Payakumbuh

Payakumbuh, Padangkita.com – Kota Payakumbuh memang baru berusia 50 tahun. Namun sebagai sebuah kawasan permukiman dan pusat kebudayaan manusia, Payakumbuh sudah dihuni sejak ratusan tahun silam. Tiga orang ini diyakini sebagai penghuni pertama Payakumbuh.

Ini cerita tentang Payakumbuh, yang jauh sebelum menjadi sebuah kota administratif hasil pemekaran dari Kabupaten Limapuluh Kota, Payakumbuh sudah menjadi labuhan kisah perjalanan manusia. Termasuk, kisah 50 orang yang berjalan dari lereng Gunung Marapi di Pariangan, Tanah Datar, menuju kaki Gunung Sago, Limapuluh Kota, untuk mencari permukiman baru.

Perjalanan 50 orang ini, tidak hanya terekam dalam Tambo (karya sastra sejarah yang merekam kisah-kisah dan legenda-legenda yang berkaitan dengan asal-usul suku bangsa, negeri dan tradisi dan alam Minangkabau). Namun juga dicatat oleh para penulis adat Minangkabau. Misalnya saja, H DJ Dt Lubuak Sati yang menulis buku “Baradat Ka Pariangan, Barajo Ka Pagaruyuang” (1988) dan Kamardi Rais Dt Panjang Simulie yang menulis buku “Mesin Ketik Tua” (2005).

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS