facebook

5 Manfaat Baking Soda untuk Keperluan di Rumah

5 Manfaat Baking Soda untuk Keperluan di Rumah

Tak hanya untuk memasak, kenali manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari di rumah. Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan kamar mandi, peralatan dapur dan sebagainya.

Untuk itu, berikut ini rangkuman seputar manfaat baking soda untuk keperluan di rumah, simak selengkapnya.

1. Pembersih Panci dan Wajan

Manfaat baking soda untuk keperluan sehari-hari salah satunya adalah membersihkan panci dan wajan. Anda tentu jengkel ketika memasak tapi sisa makanan malah lengket atau menempel di wajan atau panci.

American Cleaning Institute merekomendasikan menambahkan soda kue ke wajan dan panci, diisi dengan air panas dan rendam selama 15-30 menit. Soda kue akan membantu mengangkat potongan makanan berkerak di panci dan wajan.

2. Pembersih Toilet

Baking soda adalah produk alami yang dapat membersihkan kotoran. Selain berguna pada panci, produk ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan toilet. Cukup taburkan sedikit baking soda ke dalam toilet, lalu sikat secara merata.

Baca Juga :  Begini Cara Cek Saldo dan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak

Dengan begitu, kamar mandi menjadi bersih dan Anda pun lebih hemat karena tidak perlu membeli pembersih toilet.

3. Pembersih Lap atau Serbet

Setiap rumah pasti punya semacam kain lap pembersih debu, seperti serbet atau semacamnya. Debu yang menempel terkadang susah dihilangkan oleh sabun biasa. Anda bisa rendam kain lap kotor ke dalam air yang sudah tercampur baking soda, biarkan beberapa menit. Maka kotoran akan terangkat dengan sendirinya.

4. Menetralisir bau kulkas

Baking soda juga bisa digunakan untuk menetralisir bau tak sedap di dalam kulkas. Isi cangkir dengan soda kue dan letakkan di bagian belakang lemari es untuk menetralisir bau tak sedap.

5. Mencuci buah-buahan dan sayuran

Khususnya sayur dan buah yang berpestisida. Beberapa buah yang kulitnya bisa dimakan, contohnya apel, baking soda bisa dengan efektif menghilangkan residu pestisidanya.

Dilansir dari laman UC Berkeley School of Public Health, U.S. Environmental Protection Agency telah menyetujui penggunaan 1 sendok teh soda kue dan 473 mL air untuk mencuci buah dan sayuran.

Baca Juga :  Bisa Dipakai Salat, Ini 4 Pilihan Kuteks Halal

Rendam buah dan sayur Anda di dalam larutan baking soda tersebut untuk menghilangkan insektisida–dan senyawa kimia lain pada kulitnya selama 15 menit. Anda juga bisa menggosoknya dengan tangan untuk hasil yang lebih maksimal.

6. Menghilangkan noda karpet yang membandel

Menghilangkan noda karpet yang membandel Campuran baking soda dan cuka dapat menghilangkan noda karpet yang paling membandel. Berikut cara menghilangkan noda karpet yang membandel hanya dengan baking soda dan cuka:

Tutupi noda karpet dengan lapisan tipis baking soda. Isi botol semprot kosong dengan campuran cuka dan air 1:1 dan semprotkan ke area yang bernoda. Tunggu hingga 1 jam atau sampai permukaan mengering. Gosok baking soda dengan sikat dan bersihkan residunya. Jika ada sisa baking soda yang tertinggal di karpet, bersihkan dengan handuk basah.

Editor : Naviska

Terkini