alexametrics

Menko Perekonomian RI Dorong Pengembangan Inovasi Teknologi

Menko Perekonomian RI Dorong Pengembangan Inovasi Teknologi

Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto mendorong pengembangan inovasi dan teknologi industri hasil tembakau. Pertimbanganya, industri di sektor ini mempunyai peran penting dalam menggerakkan ekonomi dan mempunyai multiplier effect yang luas.

“Industri jasa terkait dapat tumbuh melalui ekspansi investasi, penyediaan lapangan usaha dari hulu ke hilir, penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan bahan baku dalam negeri serta kontribusi cukai pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai salah satu penyumbang pendapatan negara,” kata Airlangga saat memberikan sambutan pada acara peresmian Realisasi Investasi Produk Inovatif Berorientasi Ekspor PT HM Sampoerna Tbk di Karawang, Jawa Barat, Selasa (30/11/2021).

Airlangga menjelaskan, kinerja industri hasil tembakau di Indonesia mencatatkan kontribusi terhadap APBN pada tahun 2020 sebesar 10,11%. Ini tercermin dari penerimaan cukai sepanjang tahun 2020 mencapai Rp 205,68 triliun dengan proporsi terbesar Cukai Hasil Tembakau sebesar Rp 170,24 triliun atau naik sebesar 3,24%.

Terkini