Lalu Zohri Pecahkan Rekornas dan Tembus Limit Olimpiade 2020

Rully Fauzi | Arief Apriadi
Lalu Zohri Pecahkan Rekornas dan Tembus Limit Olimpiade 2020
Sprinter muda andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri kembali mengukir prestasi membanggakan bagi Tanah Air. Kali ini, Zohri sukses meraih medali perunggu di nomor lari 100 meter putra dalam ajang Seiko Golden Grand Prix Osaka 2019, Minggu (19/5/2019). [Dok. PB PASI]

Lalu Zohri menyabet perunggu pada kejuaraan atletik di Osaka, Jepang.

Suara.com - Sprinter muda andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri kembali mengukir prestasi membanggakan bagi dunia olahraga Tanah Air.

Teranyar, Zohri sukses meraih medali perunggu di nomor lari 100 meter putra pada ajang Seiko Golden Grand Prix Osaka 2019, Minggu (19/5/2019) sore WIB.

Zohri yang tampil sebagai pelari undangan, sukses duduk di peringkat ketiga setelah mencatatkan waktu 10,03 detik. Ia hanya kalah dari sprinter Amerika Serikat, Justin Gatlin (10.00 detik) dan pelari tuan rumah, Yoshihide Kiryu (10,01 detik) yang masing-masing merengkuh medali emas dan perak.

Hasil itu membuat Zohri sukses memecahkan rekor nasional (rekornas) atas namanya sendiri, yakni 10.13 detik yang dibuatnya saat meraih medali perak pada Kejuaraan Atletik Asia 2019 di Doha, Qatar, April lalu.  

Catatan waktu 10.03 detik juga membuat peraih medali emas Kejuaran Dunia Atletik U-20 2019 tersebut berhak lolos otomatis ke Olimpiade 2020 Tokyo.

Catatan waktunya dipastikan telah menembus limit multievent terbesar dunia nomor lari 100 meter putra, yakni 10.05 detik.

Zohri sendiri merasa sangat bangga dengan hasil yang diraihnya kali ini. Ia juga berterimakasih kepada orang-orang yang secara langsung maupun tak langsung terus mendukungnya dalam meraih prestasi bagi Indonesia.

"Pertama saya berterimakasih kepada masyarakat Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Barat. Saya bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan, kepada Allah SWT. Ini berkat doa kalian semua masyarakat Indonesia," ujar Lalu Muhammad Zohri dalam rilis yang diterima Suara.com, Minggu (19/5/2019)

"Khususnya juga untuk Ketua Umum PB PASI, Pak Bob Hasan dan jajarannya terutama pelatih Ibu Eni, coach Farel, Erwin, Fadlin, dan teman-teman semua saya. Terima kasih banyak berkat doa dan dukungan kalian semua, Alhamdulillah saya bisa dapat prestasi terbaik untuk Indonesia," sambungnya.

Selain berhasil memecahkan rekornas dan lolos otomatis ke Olimpiade 2020 Tokyo, catatan waktu 10.03 detik juga mengantarkan Lalu Muhammad Zohri lolos ke Kejuaraan Dunia Atletik atau IAAF World Championships 2019, yang memiliki limit 10.10 detik untuk nomor lari 100 meter putra.

Di Seiko Golden Grand Prix Osaka 2019 sendiri, Zohri tak hanya turun di nomor lari 100 meter putra.

Sprinter berusia 18 tahun itu juga direncanakan turun di nomor tim estafet 4x100 meter putra bersama Eko Rimbawan, Bayu Kertanegara, Adi Ramli Sidiq, Joko Kuncoro Adi, serta Mochamad Bisma Diwa Abina.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS