Menangkan F1 GP Monako 2019, Hamilton Kontak Keluarga Lauda

RR Ukirsari Manggalani
Menangkan F1 GP Monako 2019, Hamilton Kontak Keluarga Lauda
Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton menunjukkan helmnya setelah memenangi F1 GP Monako 2019, yang bertulsikan nama legenda F1, Niki Lauda [AFP/ Yann Coatsaliou].

Sepekan berkabung karena kepergian sang legenda, Lewis Hamilton persembahkan kemenangan bagi Niki Lauda.

Suara.com - Bahwa tim Mercedes menangguk sukses dalam balap Formula One (F1) GP Monako 2019 memang benar adanya. Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas mencapai finis di podium pertama dan ketiga. Setelah seremoni menyemburkan sampanye dari botol serta menceburkan diri ke kolam renang pun (telah menjadi semacam tradisi untuk seri GP Monako di kalangan driver F1, rutin digelar dari tahun ke tahun) seisi tim bersuka cita.

Driver tim Mercedes, Lewis Hamilton (kanan) berjalan bersama legenda F1 Niki Lauda (kiri) untuk menghadiri parade driver dalam GP F1 Jepang di Sirkuit Suzuka, setahun silam (08/10/2017) [Toshifumi Kitamura/AFP].
Driver tim Mercedes, Lewis Hamilton (kanan) berjalan bersama legenda F1 Niki Lauda (kiri) untuk menghadiri parade driver dalam GP F1 Jepang di Sirkuit Suzuka, setahun silam (08/10/2017) [Toshifumi Kitamura/AFP].

Ditambah lagi saat digelar konferensi pers usai balap dan ditayangkan Formula1.com. Dengan bercanda, di hadapan para jurnalis, Sebastian Vettel (Ferrari) malah menanyai Valtteri Bottas, "Kira-kira apakah kau akan mengundang Lewis (Hamilton) menonton kejuaraan hoki es antara Kanada melawan Finlandia malam ini?"

Yang dijawab kocak oleh Lewis Hamilton, "Tidak, rasanya tak bisa menikmati acara itu bersama Valtteri (Bottas), karena ..."

Dan dijawab spontan oleh Valtteri Bottas, "Tidak, mohon maaf tidak diundang karena apartemen saya sudah penuh dengan kawan sesama Finlandia sebanyak delapan orang, tak sanggup menampung lagi dan kasihan dia!"

Namun hanya sekian "detik" sebelum kegembiraan ini cair, lewat akun pribadi di media sosial, Lewis Hamilton menyatakan, "Sulit rasanya mempercayai, tak ada lagi sosok Niki Lauda yang menyambut kami kembali dari trek. Saya akan segera berbagi dengan Birgit (Birgit Lauda, istri mendiang Niki Lauda) untuk menyampaikan kemenangan ini ditujukan bagi suaminya, dan apapun kebutuhan keluarga Lauda, bila saya bisa membantu, akan saya lakukan sebaik mungkin."

Karena itu, alih-alih Lewis Hamilton, sang pemegang gelar juara dunia F1 lima kali menelpon ke nomor keluarganya saat memenangi F1 GP Monako 2019. Ia langsung menuju nomor Birgit Lauda, istri dari Niki Lauda, juara dunia F1 tiga kali (1975, 1977, dan 1984) yang semasa hidupnya menjadi non-executive chairman tim balap Mercedes, serta memiliki andil untuk memasukkan Lewis Hamilton ke tim pada 2013. Dan Lewis Hamilton pun menjadikannya figur pembimbing sekaligus sahabat.

Demikian pula Toto Wolff, pimpinan tim Mercedes yang menyatakan dalam pidato euloginya, "Sama sekali tak percaya, begitu berat hari berlalu tanpa ada sosok Niki Lauda."

Rasa kehilangan itulah, yang menjadikan Lewis Hamilton mendedikasikan kemenangannya buat sang sahabat dan teman diskusinya, Niki Lauda. Yang meninggal pekan lalu (20/5/2019) setelah dirawat sepekan pada Januari 2019 dan telah dioperasi transplantasi paru-paru.

"Serasa ia bersamaku sepanjang balapan F1 GP Monako 2019," ucapnya perlahan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS