Ganda Putri Jadi Andalan, Eng Hian Tak Mau Rombak Komposisi Pemain

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Ganda Putri Jadi Andalan, Eng Hian Tak Mau Rombak Komposisi Pemain
Pasangan ganda putri Indonesia, Ni Ketut Mahadewi Istarani/Apriyani Rahayu, mendapat arahan dari sang pelatih Eng Hian dalam pertandingan semifinal beregu putri SEA Games 2019 melawan Jin Yujia/Nur Insyirah Khan (Singapura), Senin (2/12). [Humas PBSI]

Tiga ganda putri Indonesia bakal turun di BATC 2020.

Suara.com - Pelatih kepala sektor ganda putri PBSI, Eng Hian menegaskan tak akan melakukan perombakan komposisi pemain di gelaran Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020.

Menurut pelatih berusia 42 tahun itu, perombakan komposisi pemain akan sangat riskan, mengingat target minimal tim beregu putri Indonesia adalah lolos ke babak semifinal.

Posisi semifinal penting bagi skuat Merah Putih untuk bisa mengamankan tiket ke Piala Uber 2020 yang akan berlangsung di Denmark pada Mei mendatang.

Sebagaimana diketahui, BATC 2020 merupakan ajang kualifikasi zona Asia untuk Piala Thomas & Uber 2020. Semifinalis turnamen beregu dua tahunan itu akan langsung mendapat tiket lolos.

Di BATC 2020, sektor ganda putri Merah Putih sendiri membawa tiga pasangan yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto.

Merujuk peringkat dunia, Greysia/Apriyani akan menjadi andalan. Mereka kini menjadi ganda putri Merah Putih dengan peringkat terbaik, yakni di posisi delapan dunia.

"Sepertinya tidak ada perombakan selama di sini karena tujuan utamanya mau mengamankan posisi tim untuk ke putaran final nanti," ujar Eng dalam rilis yang diterima Suara.com, Selasa (11/2/2020).

"Penurunan pemain tergantung kebutuhan tim. Kalau lawannya belum berat, kemungkinan Greysia/Apriyani tidak turun, akan kasih kesempatan ke Fadia/Ribka dan Ketut/Tania," tambahnya.

Pada BATC 2020, tim beregu putri Indonesia tergabung di Grup Y bersama Thailand dan tuan rumah Filipina. Thailand diprediksi akan jadi lawan kuat bagi skuat Merah Putih.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS