MotoGP Ditunda karena Virus Corona, Dorna Bantu Finansial Tim Satelit

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
MotoGP Ditunda karena Virus Corona, Dorna Bantu Finansial Tim Satelit
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menjalani sesi FP1 MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Jumat (1/11/2019). [AFP/Mohd Rasfan]

Bantuan diberikan semata-mata agar tim-tim satelit terhindar dari kebangkrutan.

Suara.com - Penundaan MotoGP 2020 akibat pandemi virus Corona berimbas pada kondisi finansial sejumlah tim. Dorna pun memberi bantuan finansial agar tim-tim tersebut terhindar dari kebangkrutan.

Penundaan MotoGP 2020 membuat sejumlah tim, khususnya tim satelit seperti LCR Honda, Pramac Ducati, serta Petronas Yamaha SRT tak mendapat pemasukan dari pihak sponsor.

Untuk diketahui, sistem kontrak sponsor antara tim satelit dan pabrikan berbeda. Tim satelit membutuhkan balapan agar sponsor mau menggelontorkan uang.

“Melalui IRTA (Asosiasi Tim Balap), tim independen (satelit) MotoGP akan mendapat bayaran di muka selama bulan April, Mei, dan Juni," tulis keterangan Dorna di laman resmi MotoGP, Sabtu (4/4/2020).

"Hal tersebut dilakukan terlepas dari apakah balapan MotoGP dimulai kembali atau tidak. Ini untuk menjamin kesejahteraan ekonomi tim independen dan staf mereka."

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3). [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]
CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3). [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]

Dorna tak hanya memberi bantuan untuk tim-tim satelit MotoGP. Tim peserta Moto2 dan Moto3 juga dipastikan mendapat kucuran dana.

"Hal ini untuk menjamin kesejahteraan ekonomi Tim Independen dan staf mereka, serta untuk memastikan penghidupan mereka untuk masa mendatang," tulis Dorna.

Wabah virus Corona membuat kepastian kapan bergulirnya seri perdana MotoGP 2020 belum jelas. Hingga kini, Dorna telah membatalkan seri GP Qatar, dan menunda lima lainnya: Thailand, Argentina, Amerika Serikat, Spanyol, dan Prancis.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS