Max Biaggi Kenang Persaingannya dengan Valentino Rossi

Reky Kalumata | Arief Apriadi
Max Biaggi Kenang Persaingannya dengan Valentino Rossi
Penampilan Max Biaggi, mantan rider MotoGP yang kini menjadi duta global Aprilia saat berada di Sirkuit Sepang, Malaysia, November 2019 [Shutterstock].

Eks pebalap MotoGP, Max Biaggi mengaku rindu mengaspal di kelas para raja

Suara.com - Eks pebalap MotoGP, Max Biaggi mengaku rindu mengaspal di kelas para raja. Dia mengenang persaingan sengit dengan kompatrotnya, Valentino Rossi.

Max Biaggi dan Valentino Rossi memang beda generasi. Usia The Doctor--julukan Valentino Rossi--lebih muda tujuh tahun dari rider kelahiran Roma, Italia itu.

Namun, keduanya sempat memiliki persaingan yang begitu ketat dalam perebutan gelar juara. Hal itu terjadi pada medio 2000-2005.

Max Biaggi dan Valentino Rossi tampak bersalaman di podium tanpa saling tatap muka di Jerez, Spanyol, (11/5/2003) [AFP/Pierre-Philippe Marcou]
Max Biaggi dan Valentino Rossi tampak bersalaman di podium tanpa saling tatap muka di Jerez, Spanyol, (11/5/2003) [AFP/Pierre-Philippe Marcou]

Rossi yang baru promosi ke kelas MotoGP pada tahun 2000 memang gagal menjadi juara di tahun debutnya.

Namun penampilannya langsung memukau banyak orang setelah mengakhiri musim sebagai runner-up, satu strip di atas Biaggi.

Di musim berikutnya lah kedua rider Italia itu bertarung sengit, kendati pada akhirnya Rossi selalu mampu menjadi peraih gelar juara dalam periode 2001-2005.

"Saya merindukan momen itu, saya merindukan tahun itu,” ujar Max Biaggi dilansir dari Autosport, Rabu (8/4/2020).

“Rasanya baik dan buruk. Pada saat itu, tingkat stres sangat tinggi dari bulan ke tahun, tetapi ketika berada di podium, semuanya terasa hilang,” tambahnya.

Kedatangan Valentino Rossi ke kelas MotoGP dengan talenta yang begitu luar biasa, membuat kiprah Max Biaggi pada akhirnya tak berlangsung lama.

Pada 2006, Max Biaggi akhirnya memutuskan hijrah dari ajang MotoGP ke Superbike. Dia meraih gelar juara pada 2010 dan 2012.

“Saya sangat menghormati Rossi dan sepertinya hal yang sama juga ada padanya. Setelah waktu berlalu, rasanya saya ingin kembali ke momen itu,” tukasnya.

Setelah pensiun dari dunia balap, Biaggi kini aktif sebagai pemilik tim Moto3 bernama Max Racing. Musim lalu, rider Max Racing, Aron Canet mengakhiri musim di peringkat kedua.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS