alexametrics

4 Catatan Menarik dari Balapan Styria, Bukti MotoGP 2020 Makin Seru

Irwan Febri Rialdi | Cesar Uji Tawakal
4 Catatan Menarik dari Balapan Styria, Bukti MotoGP 2020 Makin Seru
Pembalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira melewati garis finis guna menjuarai MotoGP Styria di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Joe Klamar / AFP

Absennya Marc Marquez justru malah membuat MotoGP tahun ini sulit ditebak dan sayang untuk dilewatkan.

Suara.com - Miguel Oliveira secara mengejutkan berhasil keluar menjadi juara pada balapan seri keenam MotoGP, Minggu (23/8/2020) malam WIB.

Pembalap KTM Tech3 ini berhasil memanfaatkan celah yang muncul dari duel ketat antara Jack Miller dari tim Pramac Ducati dan Pol Espargaro dari tim pabrikan KTM menjelang tikungan terakhir di Sirkuit Red Bull Ring Austria.

Kemenangan tersebut tergolong cukup istimewa, dan berikut lima catatan apik terkait jalannya balapan tersebut.

Pemenang pertama dari Portugal

Baca Juga: Rossi Bersyukur Maverick Vinales Terhindar dari Maut Usai Rem Blong

Pembalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira merayakan kemenangannya di podium setelah menjuarai MotoGP Styrian di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Joe Klamar / AFP
Pembalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira merayakan kemenangannya di podium setelah menjuarai MotoGP Styrian di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Joe Klamar / AFP

Untuk pertama kalinya, lagu kebangsaan Portugal berkumandang saat penyerahan trofi juara di seri MotoGP. Secara statistik negara tersebut berada di urutan 7 sebagai pendulang poin terbanyak MotoGP 2020 dengan 43 poin.

Peringkat pertama diraih oleh Spanyol yang menurunkan 9 pembalap di kelas primer ini. Mereka telah meraih 206 poin, disusul oleh Italia yang mengumpulkan 182 poin dari 7 pembalap mereka.

Portugal berada di atas Inggris dan Jerman. Inggris telah mencetak 15 poin berkat dua pembalap mereka, lalu Jerman masih mencetak 0 poin.

Buah Manis Kenekatan Herve Poncharal

Pebalap Yamah Tech 3, Johann Zarco, memimpin balapan sebelum terjatuh pada lap ketujuh di seri pembuka MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, (26/3). [Twitter@YamahaMotorFr]
Yamaha Tech 3 saat masih bergabung dengan Yamaha, 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, (26/3). [Twitter@YamahaMotorFr]

Herve Poncharal sempat mengambil keputusan berani. Bos Tech 3 ini nekat pindah dari tim unggulan, Yamaha ke tim kuda hitam, KTM.

Baca Juga: Joan Mir Kesal Pol Espargaro Tetap Naik Podium Meski Langgar Aturan

Saat masih berada di bawah naungan pabrikan berlogo garputala tersebut, prestasi tim Tech 3 tergolong cukup lumayan karena berhasil mencuri beberapa podium, namun mereka tak bisa juara.

Komentar