alexametrics

Lewati Rekor Schumacher, Ini Fakta Statistik Kemenangan Lewis Hamilton

RR Ukirsari Manggalani
Lewati Rekor Schumacher, Ini Fakta Statistik Kemenangan Lewis Hamilton
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton melakukan selebrasi usai menjuarai F1 GP Styria 2020 di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (12/7/2020) malam WIB. [AFP/POOL/Joe Klamar].

Cetak 92 kali kemenangan, berikut adalah statistik kemenangan driver Britania Raya, Lewis Hamilton.

Suara.com - Driver Formula One (F1) dari tim Mercedes, Lewis Hamilton kini sah mendapat julukan pembalap tersukses sepanjang masa. Dalam kejuaraan F1 GP Portugal, di Sirkuit Algarve, Portimao, Minggu (25/10/2020) ia memecahkan rekor kemenangan yang pernah diukir Michael Schumacher, yaitu mengantongi kemenangan 92 kali.

Dikutip dari kantor berita Antara, dengan kemenangan paling gres ini, Lewis Hamilton menjadi pemenang terbanyak dalam sejarah balap jet darat, menyamai rekor Michael Schumacher sebagai juara F1 yang merebut 91 kali kemenangan di Sirkuit Nurburgring, Jerman, dua pekan silam, serta mengubah historis F1 sepanjang digelar pertama kali.

Yaitu memenangkan kejuaraan di berbagai negara penyelenggara F1, lebih banyak daripada siapa pun dalam sejarah balap jet darat. Termasuk meraup sukses di Portugal yang menjadi tuan rumah GP F1 untuk pertama kalinya selama 24 tahun.

Sementara dari sudut statistik catatan driver bernama lengkap Lewis Carl Davidson Hamilton asala Britania Raya itu adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Juarai F1 GP Portugal, Lewis Hamilton Lampaui Rekor Michael Schumacher

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton merayakan kemenangannya di podium setelah menjuarai F1 GP Portugal di Autodromo Internacional do Algarve. RUDY CAREZZEVOLI / POOL / AFP
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton merayakan kemenangannya di podium setelah menjuarai F1 GP Portugal di Autodromo Internacional do Algarve. RUDY CAREZZEVOLI / POOL / AFP
  • Menang setidaknya satu balapan dalam setiap musim yang dia ikuti sejak debut bersama McLaren pada 2007.
  • Rata-rata menang 10 kali dalam setahun bersama Mercedes sejak awal era mesin turbo hybrid V6 pada 2014.
  • Menang perdana di Sirkuit Gilles Villeneuve di Montreal, Kanada, pada 2007. Trek ini menjadi salah satu favoritnya dan tujuh kali menang di sana.
  • Menang perdana di usia 22 tahun, memenangi balapan yang diwarnai empat kali keluarnya Safety Car.
  • Kemenangan ke-10 Hamilton diraih di Hungaria pada 2009, musim balap terburuk yang pernah dia jalani karena hanya meraih dua kemenangan. Sekaligus akhirnya sukses di Hungaroring dengan memegang rekor delapan kemenangan di sana.
  • Michael Schumacher menjadi satu-satunya pembalap yang memiliki angka kemenangan terbanyak dalam sebuah penyelenggaraan GP, yaitu di Prancis antara 1994 hingga 2006.
  • Kemenangan ke-20 dicetak di Sirkuit Monza pada 2012, dan yang ke-30 di Jepang pada 2014, dengan kejadian kecelakaan tragis wafatnya driver Jules Bianchi.
  • Merebut kemenangan ke-40, selisih satu angka dari pencapaian Ayrton Senna di Sirkuit Monza pada 2015.
  • Menang ke-50 kali di sirkuit Austin, Texas pada 2016.
  • Menang ke-60 kali di sirkuit jalan raya Singapura pada 2017.
  • Menang ke-70 kali di Sirkuit Sochi, Rusia pada 2018.
  • Menang ke-90 kali di Sirkuit Mugello, Italia, yang pertama kali menjadi tuan rumah F1, pada September 2020.
  • Menyamai rekor 91 kemenangan Michael Schumacher di Nurburgring, Jerman.

Komentar