alexametrics

Performa Belum Stabil, Taufik Hidayat Minta Ginting-Jojo Kerja Keras

Arief Apriadi
Performa Belum Stabil, Taufik Hidayat Minta Ginting-Jojo Kerja Keras
Kolase foto Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. (Humas PBSI)

Anthony dan Jojo diminta lebih kerja keras untuk meningkatkan level jelang Olimpiade Tokyo tahun depan.

Suara.com - Mantan tunggal putra terbaik Indonesia, Taufik Hidayat menilai Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie harus kerja keras demi meningkatkan kualitas jelang Olimpiade Tokyo tahun depan.

Menurut Taufik Hidayat, performa dua tunggal putra tersebut belum stabil, meski untuk sementara mampu menembus rangking 10 besar di klasemen Race to Tokyo.

Anthony Sinisuka Ginting untuk sementara berada di peringkat keempat Race to Tokyo, di bawah Kento Momota (Jepang), Chou Tien Chen (China Taipei), dan Andres Antonsen (Denmark).

Sementara Jonatan Christie berada tiga strip di bawah Anthony. Jojo --sapaan akrab Jonatan-- duduk di peringkat ketujuh di bawah Chen Long (China) dan Viktor Axelsen (Denmark).

Baca Juga: Tak Dipaksa Lolos BWF World Tour Finals, Praveen/Melati Diberi Target Lain

“Kami perlu melihat apakah performa mereka stabil," kata Taufik Hidayat kepada Olympic Channel dikutip dari Aiyuke, Senin (30/11/2020).

"Maksud saya, di setiap pertandingan, terkadang jika mereka tampil bagus sekarang, tapi kemudian mereka akan menurun, Anda bisa melihat pasang surut."

Mantan pebulutangkis Taufik Hidayat [suara.com/Ummi Hadyah Saleh]
Mantan pebulutangkis Taufik Hidayat [suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Taufik membandingkan performa Jonatan dan Anthony dengan tunggal putra peringkat satu dunia saat ini, Kento Momota. Hal itu terbilang jauh, lantaran atlet Jepang hampir terus menerus mampu berada di level elite.

"Tidak seperti Kento Momota yang selalu bisa menjaga stabilitas, semifinal, final, dan bahkan juara, yang terburuk hanya finis delapan besar," beber Taufik Hidayat, peraih medali emas Olimpiade 2004 Athena.

Meski menganggap kedua juniornya belum stabil, Taufik mengatakan bahwa Jonatan dan Anthony bukan tanpa peluang di Olimpiade Tokyo nanti.

Baca Juga: Isi Waktu Saat Turnamen Vakum, Ratu Bulutangkis Kursus Bahasa Inggris

Syaratnya, Jonatan dan Anthony harus melipatgandakan upaya untuk meningkatkan level fisik, mental, dan teknis agar lebih fokus dalam setiap pertandingan.

Komentar