alexametrics

Gantikan Hamilton, George Russell Tercepat di FP1 GP Sakhir

Syaiful Rachman
Gantikan Hamilton, George Russell Tercepat di FP1 GP Sakhir
George Russell menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Sakhir di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir, bersama tim Mercedes. (4/12/2020) [AFP]

George Russell tampil impresif dalam debutnya bersama Mercedes.

Suara.com - George Russell untuk pertama kalinya menjadi yang tercepat dalam sesi latihan bebas Formula 1 setelah memuncaki FP1 dalam debutnya bersama Mercedes di GP Sakhir, Bahrain, Jumat (4/12/2020).

Pebalap berusia 22 tahun asal Inggris itu diberi kesempatan emas oleh Mercedes untuk 'kabur' sementara dari tim Williams yang terseok-seok di papan bawah guna menggantikan Lewis Hamilton yang terpaksa absen karena terjangkit COVID-19.

Promosi sementara itu dipandang oleh sejumlah pihak sebagai pertarungan head-to-head antara Russell dan Valtteri Bottas untuk bangku tim juara dunia itu pada 2022.

Mengendarai mobil Hamilton, Russell, yang belum pernah mencetak poin selama dua tahun di F1, mencatatkan waktu terbaik 54,546 detik dalam sesi latihan pembuka Jumat, mengalahkan pebalap Red Bull Max Verstappen dengan selisih 0,176 detik, demikian catatan laman resmi Formula 1.

Baca Juga: Pembalap Ferrari Ini Prediksi George Russell Bisa Menang di F1 GP Sakhir

Alexander Albon yang finis P3 di GP Bahrain pekan lalu membawa mobil Red Bull kedua pada peringkat tiga FP1.

Sementara Bottas harus puas finis peringkat empat, berjarak 0,322 detik dari catatan waktu Russell.

AlphaTauri tampil cukup kuat setelah Daniil Kvyat dan Pierre Gasly finis P5 dan P6.

Grand Prix Sakhir kembali digelar di Sirkuit Internasional Bahrain namun menggunakan layout terluar yang lebih pendek.

Di trek sepanjang 3,5km yang terdiri dari 11 tikungan itu para pebalap bisa menyelesaikan satu putaran dalam waktu kurang dari satu menit. Bahkan catatan waktu pada babak kualifikasi diprediksi berada dalam kisaran 54-55 detik saja.

Baca Juga: Gantikan Hamilton di F1 GP Sakhir, George Russell akan Tampil Tanpa Beban

Renault dan Ferrari juga cukup kompetitif dalam peringkat sepuluh besar. Esteban Ocon tampil sebagai pebalap Renault tercepat di P7 mengalahkan rekan satu timnya, Daniel Ricciardo yang finis P9.

Komentar