alexametrics

Phoenix Suns Butuh Satu Kemenangan Lagi ke Final Wilayah Barat NBA

Reky Kalumata
Phoenix Suns Butuh Satu Kemenangan Lagi ke Final Wilayah Barat NBA
Pemain Phoenix Suns Chris Paul dihalangi oleh pemain Denver Nuggets Michael Porter Jr saat melepaskan tembakan ke keranjang dalam gim ketiga semifinal Wilayah Barat di Ball Arena, Denver, Colorado, 21 Juni 2021. (Getty Images via AFP/DUSTIN BRADFORD)

Suns memimpin 3-0 usai membungkam Denver Nuggets 116-102

Suara.com - Devin Booker mencetak 28 poin dan Chris Paul 27 poin ketika tim tamu Phoenix Suns membungkam Denver Nuggets 116-102, Sabtu (12/6/2021) WIB, untuk memimpin 3-0 sehingga tinggal satu game lagi menuju final Wilayah Barat.

Deandre Ayton menyumbangkan 10 poin dan 15 rebound, sedangkan Jae Crowder mengemas 14 poin dan Mikal Bridges mempersembahkan 11 poin untuk Phoenix yang di ambang menyapu semifinal berformat best-of-seven di Wilayah Barat di Denver, Minggu waktu setempat atau Senin pekan depan di Indonesia. Paul juga membuat delapan assist.

Suns dengan demikian telah memenangkan enam laga playoff berturut-turut dan membutuhkan satu kali lagi bertanding untuk lolos ke final Wilayah Barat yang pertama kalinya mereka lakukan sejak musim 2009-2010 yang terakhir kalinya mereka masuk playoff sebelum playoff tahun ini.

Nikola Jokic membukukan 32 poin, 20 rebound dan 10 assist untuk Nuggets pada malam dia dianugerahi penghargaan Most Valuable Player NBA. Monte Morris mencatat 21 poin, Michael Porter Jr mengkreasi 15 poin dan Will Barton menambahkan 14 poin untuk Denver.

Baca Juga: Semifinal NBA Wilayah Timur, Sixers Balik Memimpin 2-1 atas Hawks

Phoenix melompat dalam keunggulan 21-8 pada awal laga dan menutup kuarter pertama dengan 37-27. Suns tak pernah tersusul setelah tertinggal 2-3.

Denver merapat sampai kedudukan 40-36 pada kuarter kedua namun Torrey Craig menjaringkan sebuah lemparan tiga angka dan memasukkan sebuah layup saat mengawali Suns melesat 9-0 Suns yang membuat mereka unggul dalam selisih 13 poin.

Marjin menjadi 10 poin pada akhir kuarter kedua sebelum Nuggets mencetak enam poin terakhir paruh pertama untuk mendekat ke posisi 55-59.

Phoenix membuka kuarter pertama dengan lompatan 11-3 guna membuka kedudukan 70-58 berkat lemparan terbang dari Booker. Denver berusaha memangkas defisit namun dua lemparan bebas dan sebuah jumper yang dilepaskan Paul membuat Suns menjaga jarak 10 poin dari lawannya.

Setelah sebuah jumper pendek dari Jokic mengubah kedudukan menjadi 82-74, Cameron Payne dan Cameron Johnson berturut-turut memasukkan dua lemparan tiga angka yang membuat Suns memimpin 88-74 dan semakin menjauh 90-76 saat memasuki kuarter keempat.

Baca Juga: Semifinal NBA Wilayah Barat, Utah Jazz Unggul 2-0 atas Clippers

Phoenix mengawali periode terakhir dengan mencetak enam poin pertama untuk merenggangkan lagi kedudukan dalam selisih 20 poin pada 10 menit 17 detik tersisa. Nuggets meminta timeout dan kemudian membalas dengan tujuh poin secara beruntun dan beberapa kali berkesempatan untuk kian mendekat sebelum Crowder memasukkan sebuah lemparan tiga angka.

Komentar