facebook

Hasil Kualifikasi F1 GP Prancis: Max Verstappen Rebut Pole Position

Reky Kalumata
Hasil Kualifikasi F1 GP Prancis: Max Verstappen Rebut Pole Position
Pembalap Red Bull Max Verstappen di parc ferme setelah meraih pole position usai mencatat waktu tercepat saat sesi kualifikasi GP F1 Prancis di sirkuit Paul-Ricard in Le Castellet. NICOLAS TUCAT / POOL / AFP

Verstappen mengalahkan seteru utama dari tim Mercedes Lewis Hamilton

Suara.com - Pebalap tim Red Bull Max Verstappen merebut pole position F1 GP Prancis setelah tampil tercepat pada babak kualifikasi di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Sabtu (19/6/2021).

Pemuncak klasemen sementara itu mencetak waktu satu menit 29,990 detik, mengalahkan seteru utama dari tim Mercedes Lewis Hamilton dengan margin 0,258 detik di P2. Rekan satu tim sang pebalap Britania, Valtteri Bottas akan start dari posisi ketiga, demikian laman resmi Formula 1 seperti dimuat Antara.

"Akhir pekan yang sangat positif, FP2 menjadi titik balik dan membuat hari ini semakin baik," kata Verstappen yang menjadi satu-satunya pebalap yang mencatatkan waktu di bawah satu menit 30 detik hari itu.

"Tentunya kami harus menyelesaikannya besok, mobil ini terasa bagus kemarin (di simulasi balapan) jadi saya menantikannya."

Baca Juga: Max Vestappen Tak Puas dengan Penjelasan Pirelli Soal Pecah Ban di Baku

Kendati tampak kewalahan menemukan kecepatan di ketiga sesi latihan, Hamilton mencetak waktu terbaiknya pada akhir sesi kualifikasi untuk mengunci posisi baris terdepan di samping sang rival dari Belanda yang untuk kedua kalinya musim ini start dari pole.

"Akhir pekan yang sangat, sangat sulit. Secara mental, bukan fisik," kata Hamilton.

"Mencoba membuat mobil ini bekerja dengan baik, perubahan yang saya buat di mobil ini cukup memuaskan. Max melakukan tugas yang luar biasa hari ini, dia sangat cepat. Dia mendapat mesin baru akhir pekan ini jadi saya harus mengerahkan segalanya."

Pebalap kedua tim Red Bull Sergio Perez kalah dari Bottas dengan margin sepersepuluh detik dan akan start dari P4.

Carlos Sainz dengan brilian mengamankan P5 untuk Ferrari, di depan pebalap AlphaTauri Pierre Gasly dan rekan satu tim di Scuderia, Charles Leclerc.

Baca Juga: Setelah Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, Kini McLaren Ikut Balap Extreme E

Pebalap McLaren Lando Norris mengunci P8, mengalahkan pebalap tim Alpine Fernando Alonso, sementara Daniel Ricciardo melengkapi posisi start sepuluh besar di mobil McLaren kedua.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar