alexametrics

Menpora: Persiapan PON Papua Sudah Mencapai 90 Persen

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Menpora: Persiapan PON Papua Sudah Mencapai 90 Persen
Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)

PON Papua akan berlangsung mulai 2-15 Oktober 2021

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menerangkan persiapan untuk jang gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua sudah mencapai 90 persen. Namun, ada beberapa aspek yang mesti diselesaikan lagi.

Adapun PON Papua akan berlangsung mulai 2-15 Oktober 2021. Segala hal terkait kesiapan terus dilakukan agar PON berlangsung lancar.

"Aspek pelaksanaan persiapan prasarana itu sudah hampir selesai. Kira-kira sudah 90 persen lebih," kata Amali saat jumpa pers virtual usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Selasa (13/7/2021).

"PON sudah sangat dekat, kalau dihitung-hitung sekitar 79 hari lagi. Saya kira ini penting untuk kita mengetahui kesiapan sudah sejauh mana,” ia menambahkan.

Baca Juga: Jokowi Minta Sarana PON Papua Bisa Dimanfaatkan Pasca Gelaran

Menpora Amali berharap PON Papua bisa sukses, baik dalam hal prestasi maupun pelaksanaannya. Secara umum, progres kesiapan sarana prasarana dan lainnya makin hari kian baik.

“Terima kasih atas kerja sama teman-teman sekalian. Persiapan infrastruktur dilaporkan tidak ada masalah, dan komunikasi PB PON dengan sub-sub yang ada juga sudah bagus,” ungkapnya.

Adapun Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda menyebut pihaknya saat ini tengah fokus dalam hal pengiriman barang yang berkaitan dengan PON Papua, seperti halnya perlengkapan pertandingan setiap cabang olahraga.

“Kami sedang kejar target pengiriman barang-barang. Sebagian peralatan misalnya dayung, menembak, biliar, dan lainnya. Beberapa juga sudah ada sampai lokasi venue, ada juga yang sedang proses,” ujat Yunus Wonda.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman menyampaikan technical delegate direncanakan datang ke Bumi Cenderawasih pada 15 September mendatang. Sedangkan untuk atlet direncanakan mulai akan datang empat hari setelahnya.

Baca Juga: Tak Hanya Atlet, Warga Papua Juga Divaksinasi Jelang PON

“Kemudian perlu dilakukan sosialisasi secara terus menerus, dan ini penting serta diikuti dari KONI daerah dengan harapan PON ini menggema sampai ke pelosok Tanah Air. Kami berupaya terus memberi dukungan agar PB PON dapat melaksanakan tugas dengan maksimal,” jelas Marciano.

Komentar