alexametrics

Tim Panahan Indonesia Optimistis Sumbang Emas di Olimpiade Tokyo

Reky Kalumata
Tim Panahan Indonesia Optimistis Sumbang Emas di Olimpiade Tokyo
Atlet Diananda Choirunisa menembakkan anak panah ke sasaran dalam latihan Pelatnas Olimpiade di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (1/6/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Terkait peluang emas, menurut Ikhsan ada di nomor campuran dan beregu.

Suara.com - Tim Panahan Indonesia optimistis mencapai target meraih emas di Olimpiade Tokyo. Keyakinan itu diungkapkan oleh sang manajer Ikhsan Ingratubun.

Ikhsan merasa yakin setelah merujuk pada peningkatan performa dan skor atlet selama persiapan menuju pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Indonesia memiliki empat wakil di Olimpiade Tokyo. Tiga di antaranya adalah pemanah putra yakni, Riau Ega Salsabila, Arif Dwi Pangestu, dan Bagas Prasetyadi yang turun di nomor recurve perorangan, beregu putra, dan campuran.

Sedangkan sisanya adalah Diananda Choirunisa yang bakal berlomba di nomor recurve perorangan putri dan beregu campuran.

Baca Juga: Olimpiade Digelar di Tengah Pandemi, Eks Pegolf Nomor Satu Pertanyakan Aspek Moralnya

Terkait peluang emas, menurut Ikhsan ada di nomor campuran dan beregu. "Tetapi kalau saya lihat dari hasil analisis, individu juga berpotensi meraih medali," kata Ikhsan seperti dilansir Antara, Rabu (14/7/2021)

Mendekati pelaksanaan Olimpiade Tokyo, tim panahan Indonesia juga telah berlatih dengan melakukan berbagai penyesuaian seperti kondisi di lokasi perlombaan.

"Kira-kira sejak dua pekan lalu, atlet berlatih seperti dengan kondisi di Tokyo. Di sana, saat ini musim panas. Jadi kami sesuaikan latihan mulai pukul 10 sampai 12 siang," kata Ikhsan menambahkan.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua IV Bidang Hukum, Humas, dan Promosi PB Perpani itu penyesuaian kondisi seperti suhu, angin dan lainnya di lokasi perlombaan sangat diperlukan agar atlet terbiasa.

Cara ini juga dilakukan ketika atlet tampil di Piala Dunia Panahan 2021 di Paris, Prancis, 21-27 Juni 2021. "Ketika itu di sana musim dingin. Jadi kami berlatih pada pagi hari dan hasilnya sangat baik," kata Ikhsan menegaskan.

Baca Juga: Jelang Olimpiade Tokyo, Atlet Indonesia Tetap Latihan di Pelatnas Selama Karantina

Selain itu, keyakinan Ikhsan meraih emas merujuk pada mental keempat atlet panahan Indonesia. "Atlet sudah sangat fokus dan memiliki tekad kuat. Mereka memiliki mental juara."

Komentar