alexametrics

Apresiasi Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo, Ini Pesan Dubes Heri untuk Atlet Indonesia

Reky Kalumata
Apresiasi Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo, Ini Pesan Dubes Heri untuk Atlet Indonesia
Suasana upacara pembukaan pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung di Stadion Olimpiade Tokyo, Jumat (23/7/2021) malam WIB. (dok KBRI Tokyo)

Kontingen Indonesia berjumlah 10 orang, dipimpin oleh Rio Waida atlet selancar yang membawa bendera Merah Putih

Suara.com - Setelah ditunda selama setahun karena pandemi Covid-19, Olimpiade Tokyo akhirnya resmi digelar melalui Upacara Pembukaan pada Jumat (23/7) di Stadion Olimpiade Tokyo. Perhelatan akbar olahraga dunia ini diikuti oleh atlet dari 205 negara.

alam upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo tanpa penonton ini, Kontingen Indonesia muncul di urutan 22 saat defile. Yunani seperti biasa berada di urutan pertama. Selanjutnya urutan negara yang masuk ke lapangan Stadion Olimpiade berdasarkan nama negara dalam bahasa Jepang.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi mengapresiasi kesuksesan jalannya Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo meski digelar tanpa penonton. Dubes Heri berpesan kepada 28 atlet Indonesia yang berlaga dalam Olimpiade agar tetap menjaga sportivitas dan mampu naik peringkat dari Olimpiade sebelumnya.

"Selamat berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang olahraga paling bergengsi ini. Junjung tinggi sportivitas dalam setiap pertandingan. Tetap disiplin dalam mengikuti semua aturan yang berlaku dan tetap jaga protokol kesehatan", tegas Dubes Heri dalam rilis KBRI Tokyo yang diterima Suara.com.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo: Jonatan Christie Menang Mudah di Laga Pertama

Kontingen Indonesia berjumlah 10 orang, dipimpin oleh Rio Waida atlet selancar yang membawa bendera Merah Putih dengan didampingi Nurul Akmal atlet putri angkat besi.

Selain Rio dan Nurul, dua atlet lain adalah atlet renang Aflah Fadlan Prawira dan atlet renang Azzahra Permatahani. Sisanya ada lima pelatih yakni Dirdja Wihardja, Tipi Jabrik Noventin, Permadi Sandra Wibowo, Donny Budiarto Utomo dan Rionny Mainaky. Kemudian ada Chef de Mission Rosan P Roeslani.

Olimpiade Tokyo yang digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 akan melibatkan 339 event dalam 33 cabang olahraga (cabor).

28 atlet dari delapan cabor diikuti Indonesia di Olimpiade Tokyo. Cabor yang diikuti Indonesia di Olimpiade Tokyo yaitu bulu tangkis (11 atlet), atletik (2 atlet), panahan (4 atlet), menembak (1 atlet), rowing (2 atlet), angkat besi (5 atlet), selancar (1 atlet), dan renang (2 atlet).

Untuk memberi semangat para atlet, KBRI Tokyo menggelar Lomba Video “Ganbare Indonesia” yang berhadiah merchandise Tokyo Games 2020 yang telah dibubuhi tanda tangan asli atlet-atlet Indonesia.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo: Kalahkan AS, Panahan Indonesia ke Perempat Final Beregu Campuran

Dalam lomba ini masyarakat Indonesia bisa memberikan dukungan secara virtual untuk Tim Indonesia lewat video pendek di akun Instagram @KBRITokyo.

Komentar