alexametrics

Fase Grup Piala Sudirman 2021, Indonesia Pede Atasi Denmark

Arief Apriadi
Fase Grup Piala Sudirman 2021, Indonesia Pede Atasi Denmark
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, melaju ke perempat final Indonesia Masters 2020 usai mengalahkan he Ji Ting/Tan Qiang (China) di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/1). [Humas PBSI]

Di Piala Sudirman 2021, Indonesia selaku unggulan 3/4 tergabung di Grup C bersama Denmark, Komite Olimpiade Rusia (ROC), serta Kanada.

Suara.com - Tim bulutangkis Indonesia berambisi untuk lolos ke fase knock-out Piala Sudirman 2021 dengan status juara grup. Salah satu lawan di babak penyisihan yang perlu diwaspadai adalah Denmark.

Di Piala Sudirman 2021, Indonesia selaku unggulan 3/4 tergabung di Grup C bersama Denmark, Komite Olimpiade Rusia (ROC), serta Kanada.

Dari tiga lawan yang akan dihadapi di fase grup, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Rionny Mainaky memprediksi Denmark akan jadi lawan tersulit.

"Berusaha bisa juarai grup, lawan terberat Denamrk ya. Kita harus kerja keras untuk lawan Denmark," kata Rionny Mainaky dalam konferensi pers virtual, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: Richard Mainaky Tidak Menyesal Pensiun sebagai Pelatih Ganda Campuran PBSI

Denmark yang berstatus sebagai unggulan 5/8 diisi oleh beberapa pemain top dunia, yang kerap menjuarai berbagai ajang bergengsi.

Dari tunggal putra, Denmark memiliki Viktor Axelsen, yang di Olimpiade Tokyo 2020 berhasil menyabet medali emas.

Sementara dari sektor ganda putra mereka memiliki pasangan Kim Astrup / Anders Skaarup Rasmussen. Sedangkan dari tunggal putri, Denmark memiliki Mia Blichfeldt.

Komposisi skuad Denmark dianggap Rionny cukup mumpuni dan bisa menjadi batu sandungan bagi Indonesia yang bertekad lolos sebagai juara grup.

"Kansnya itu 50:50, sebelum tanding belum bisa terbaca," kata Rionny Mainaky.

Baca Juga: Resmi! Ini Skuad Bulutangkis Indonesia di Piala Sudirman 2021

Dari sektor tunggal putri, Rionny menilai tim Indonesia memiliki kesempatan untuk mencuri poin, salah satunya lewat Gregoria Mariska Tunjung.

Gregoria yang merupakan ujung tombak tunggal putri Indonesia saat ini, memang kalah ranking dari Mia Blichfeldt, yakni 21 berbanding 12. Namun merujuk rekor pertemuan, Gregoria untuk sementara unggul 2-1.

"Dari tunggal putri, saya yakin Gregoria atau Putri, Ester, mereka siap untuk tampil lawan Denmark. Kans menang 50:50," jelas Rionny.

Di luar sektor tunggal putri, Rionny menganggap komposisi atlet Indonesia cukup unggul dan bisa meraih poin.

"Dari ganda putra apapun bisa, kami punya tiga pasangan [Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan, dan Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto]," kata Rionny.

"Dari ganda putri, kami punya Greysia Polii / Apriyani Rahayu. Kalau di ganda campuran, di atas kertas kita bisa kalahkan Denmark," tambahnya.

Piala Sudirman 2021 akan berlangsung di Vantaa, Finlandia pada 26 September hingga 3 Oktober 2021 mendatang.

Komentar