alexametrics

Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Jauh

Rifan Aditya
Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Jauh
Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Jauh - Atlet lompat jauh Maria Natalia Londa di test event Asian Games 2018, (11/2).(Suara.com/Kurniawan M)

Berikut ini cara mendarat yang benar dalam lompat jauh.

Suara.com - Lompat jauh salah satu cabang olahraga atletik yang menggunakan kecepatan, kelincahan, dan kekuatan untuk melemparkan seluruh tubuhnya dari papan tolakan. Berikut ini cara mendarat yang benar dalam lompat jauh.

Diketahui, gerakan lompat jauh ini terbagi jadi empat bagian, yakni: awalan, tolakan, sikap melayang, serta pendaratan. Masing-masing gerakan mempengaruhi pencapaian atlet lompat jauh saat memperoleh giliran di lintasan.

Agar bisa mendarat dan mencetak jarak sejauh mungkin saat melakukan lompatan, tentunya atlet lompat jauh harus menggunakan teknik pendaratan yang baik dan benar.

Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh melansir dari BrianMac Sports Coach yaitu terletak pada keseimbangan tubuh seorang pelompat ketika menginjak titik pendaratan pada area sandbox.

Baca Juga: Paralimpiade Tokyo: Setyo Budi Peringkat ke-10 Lompat Jauh Putra T47

Cara Pendaratan Lompat Jauh

Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh yaitu saat posisi tumit atau kaki fokus sejajar, dan melompat sejauh mungkin dari area titik tolakan.

Adapun teknik pendaratan yang benar saat melakukan lompatan yakni posisi kedua kaki lurus, lalu dorong telapak kaki dan tumit ke arah depan sampai pinggul terangkat.

Teknik seperti ini membantu tubuh agar condong ke depan sejalan dengan laju si pelompat, yang mana teknis ini hanya dapat dilakukan saat posisi si pelompat sudah di area sandbox.

Disarankan posisi tubuh yang condong ke arah depan dilakukan saat mendarat. Sebab, jika si pelompat menginjak area sandbox dengan posisi tubuh ke belakang dari titik lompatan, peluang si pelompat mencetak jarak lompatan terjauh cenderung kecil.

Baca Juga: Pesona Ami Kodama, Atlet Lompat Jauh Jepang yang Parasnya Bikin Terpana

Misalnya, jauh jika tangan si pelompat jatuh ke arah belakang saat melakukan pendaratan, itu artinya dihitung mulai dari titik tolakan hingga titik terjatuhnya tangan si pelompat

Oleh karena itu, teknik mendarat lompat jauh di area sandbox saat melalukan lompat jauh harus seragam, meskipun menggunakan gaya awalan dan gaya melayang yang berbeda.

Nah, agar si pelompat dapat melakukan teknik pendaratan dengan optimal, disarankan agar rutin melakukan latihan keseimbangan. Selain itu, melatih kekuatan otot tubuh bagian bawah (otot perut, pinggang, dan kaki) juga penting.

Demikianlah informasi mengenai cara mendarat yang benar dalam lompat jauh agar sukses mencetak jarak terjauh.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar