alexametrics

Profil Jinkee Pacquiao, Istri Pacman yang Jadi Calon Ibu Negara Filipina

Arief Apriadi
Profil Jinkee Pacquiao, Istri Pacman yang Jadi Calon Ibu Negara Filipina
Istri petinju Filipina, Manny Pacquiao, Jinkee. [Instagram/@jinkeepacquiao]

Jinkee Pacquiao menjadi sosok yang berada di balik keputusan-keputusan besar Manny Pacquiao.

Suara.com - Keputusan mengejutkan dilakukan juara dunia tinju delapan kelas, Manny Pacquiao di usianya yang ke-42 dan disebut-sebut akan maju sebagai calon Presiden Filipina.

Pacman --julukan Manny Pacquaio-- pensiun sebagai petinju setelah mendapat dorongan dari keluarga, terutama dari sang istri Jinkee.

Selain itu, keputusan gantung sarung tinju diambi Manny Pacquiao seiring pengakuannya ingin maju sebagai calon Presiden Filipina.

"Karier tinju saya? sudah berakhir," ucap Pacquiao dalam program Toni Talks seperti dikutip dari Boxingscene.

Baca Juga: Tuding Duterte Korupsi, Manny Pacquiao Siap Maju sebagai Capres

"Keluarga saya mengatakan itu sudah cukup. Saya hanya melanjutkan karena saya masih memiliki gairah pada olahraga ini." imbuhnya.

Selama berkarier di dunia tinju sejak 1995, Pacquiao sudah tampil sebanyak 72 laga dengan 62 kemenangan, 8 kali kalah dan dua imbang.

Dari total 62 kemenangan itu, 39 kali diperoleh dengan menang KO dan 23 lainnya menang angka, selama itu pula Jinke mendukung kariernya.

Jinkee Pacquiao menjadi sosok yang berada di balik keputusan-keputusan Pacman, dan mengikat mereka sebagai pasangan yang sangat baik.

Pacquiao dan Jinkee telah bersama selama lebih dari dua dekade, mereka dengan bangga menjadi orang tua bagi lima anaknya.

Baca Juga: Kisah ART Asal Filipina yang Dibantu Thomas Tuchel Biayai Operasi Jantung Anaknya

Kesuksesan akan ketenaran dan kesedihan saat berjuang meraih mimpi dilalui dengan luar biasa oleh keduanya, meskipun di awal tak membuat mereka nyaman.

Dilansir dari Essentiallysports, memiliki usia yang sama dengan sang suami, Jinkee merupakan sosok dengan banyak peran dalam karier tinju Pacquiao.

Karier politik Pacquiao juga dipengaruhi oleh sang istri, Jinkee diketahui pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi Sarangani periode 2013 hingga 2016.

Setelah itu, ia tetap bekerja melayani kesejahteraan rakyat melalui amanah amal, Jinkee juga merupakan seoranng produser untuk beberapa film dan dokumenter.

Jinkee juga memiliki saudara kembar bernama Janet dan merupakan seorang selebgram dengan 2 juta pengikut di Instagram.

Tak heran jika namanya sangat dikenal oleh masyarakat Filipina, ketenaran yang membuat Manny Pacquiao harus beradaptasi dengan itu.

Seolah ingin selalu membumi, Jinkee dan Pacquiao masih aktif menjalankan Yayasan Jinkee and Manny Heart dalam membantu masyarakat kecil Filipina.

Kontributor: Eko Isdiyanto

Komentar