alexametrics

Fabio Quartararo Beri Saran ke Yamaha untuk Lakukan Hal Sama seperti Ducati, Apa Itu?

Cesar Uji Tawakal | Gagah Radhitya Widiaseno
Fabio Quartararo Beri Saran ke Yamaha untuk Lakukan Hal Sama seperti Ducati, Apa Itu?
Fabio Quartararo di MotoGP Emilia Romagna 2021 (Twitter)

Saran apa yang diberikan Fabio Quartararo kepada Yamaha, kok pakai senggol nama Ducati?

Suara.com - Fabio Quartararo meminta Yamaha untuk melakukan hal sama seperti Ducati. Dalam hal apa nih?

Ternyata, pembalap Yamaha tersebut meminta mencontek cara Ducati dalam hal pengembangan motor.

Selama ini, juara dunia MotoGP 2021 merasa kalau motornya belum bisa secepat Ducati. Hal ini terbukti di beberapa seri terakhir MotoGP, Yamaha selalu dibejek Ducati.

Apalagi ketika sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Jerez, Fabio Quartararo tak mampu mengejar ketertinggalan Francesco Bagnaia yang menunggangi motor Ducati.

Baca Juga: Pebalap Beda Generasi Saling Komentari Pensiunnya Valentino Rossi

Di hari pertama, pembalap Prancis itu hanya mampu berada di posisi kesembilan, lima setrip dibawah Francesco Bagnaia yang menduduki peringkat empat.

Sedangkan di hari kedua, Quartararo berhasil meraih posisi kedua, namun kembali kalah dari Francesco Bagnaia yang menjadi pembalap tercepat.

Ia pun kemudian memuji Ducati soal pengembangan motornya yang semakin kencang hari demi hari.

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Portugal, Sirkuit Algarve, Portimao. (16/4/2021) (HO via Yamaha Motor Racing Srl)
Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Portugal, Sirkuit Algarve, Portimao. (16/4/2021) (HO via Yamaha Motor Racing Srl)

"Saya tidak akan mengatakan saya khawatir, tetapi tentu saja Ducati terlihat sangat cepat," kata Fabio Quartararo dilansir dari GPOne.com.

"Sedangkan kami tidak membuat perkembangan apapun. Jadi saya berharap tes di Sepang (pada Februari) kami mampu berkembang," jelasnya.

Baca Juga: Cedera Marc Marquez Semakin Bertambah, Kini Kedua Matanya Alami Masalah

"Karena di sini kami mencoba banyak hal, tetapi saya tidak merasakan peningkatan apa pun," sambung Quartararo.

Fabio Quartararo terkesan pada bagian aerodinamika motor Desmosedici GP. Motor tersebut jarang terjadi wheelie di atas sirkuit saat melaju dengan kecepatan kencang.

"Cukup aneh, karena di Mugello perbedaan kecepatannya sekitar 10 km/jam, dan di Jerez juga sekitar 10 km/jam," ungkap El Diablo.

"Jadi saya tidak mengerti, tetapi saya pikir aerodinamika yang mereka miliki di Desmosedici GP sangat besar, dan saya pikir kami perlu banyak bekerja di area itu," bilangnya.

"Aerodinamika itu membuat mereka jarang mendapatkan wheelie. Saya pikir itulah salah satu dari hal-hal penting yang dimiliki Ducati," lanjut Fabio Quartararo.

Apakah saran ini mampu diterima oleh Yamaha demi pengembangan motornya?

Komentar