facebook

Bukan Pertama Kali Jadi Tuan Rumah, Berikut adalah Sejarah MotoGP di Indonesia

Cesar Uji Tawakal
Bukan Pertama Kali Jadi Tuan Rumah, Berikut adalah Sejarah MotoGP di Indonesia
Ilustrasi MotoGP di Indonesia. (instagram/@sirkuitmandalikalombok_)

Indonesia jadi tuan rumah perhelatan akbar MotoGP yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok. Adapun sejarah MotoGP di Indonesia yakni sebagai berikut

Suara.com - MotoGP sebentar lagi akan digelar di Sirkuit Mandalika, Indonesia. Banyak orang antusias dan tak sabar untuk menyaksikan gelaran MotoGP. Bicara soal MotoGP, berikut ini sejarah MotoGP di Indonesia.

Tahun 2022 akan jadi momentum besar bagi sejarah balap motor Indonesia. Pasalnya, pada tahun tersebut, Indonesia jadi tuan rumah perhelatan akbar MotoGP.

Ini tentu jadi kabar baik, karena akhirnya Indonesia bisa mengikuti jejak Malaysia dan Thailand, yakni dua negara yang juga pernah jadi tuan rumah gelaran MotoGP. Diketahui, Malaysia terpilih jadi tuan tuan dari tahun 1999 dengan Sirkut Sepang-nya. Sedangkan Thailand, terpilih jadi tuan rumah gelaran motoGP sejak 2018 dengan Sirkuit Buriram-nys. 

Lantas, bagaimana sejarah MotoGP di Indonesia? Untuk selengkapnya, berikut ini ulasannya.

Baca Juga: Kurang Ganas di MotoGP Qatar, Joan Mir: Suzuki Kurang Revolusioner

Pembalap Team Suzuki Ecstar Joan Mir memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022) [SuaraSulel.id/ANTARA]
Pembalap Team Suzuki Ecstar Joan Mir memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022) [SuaraSulel.id/ANTARA]

Berikut Sejarah MotoGP Indonesia

Jika ditelusuri sejarahnya, rupanya Indonesia adalah negara di Asia Tenggara (ASEAN) pertama yang pernah jadi tuan rumah perhelatan MotoGP. Indonesia pernah menggelar balap MotoGP tahun 1996 serta 1997.

Saat itu, gelaran MotoGP diadakan dsirkuit Sentul, Bogor. Pada musim 1996, negara Indonesia terpilih jadi tuan rumah balap MotoGP ke-2 yang digelar dalam 15 seri. Sedangkan pada musim 1997, nrgara Indonesia ditetapkan jadi seri ke-14.

Diketahui, kompetisi MotoGP pada masa itu masih menggunakan motor dua tak berkapasitas 500cc, 250cc, serta 125cc. Meski kapasitas motor pada masa tersebut setengahnya dari mesin MotoGP masa sekarang, tapi kecepatannya tetap mampu membuat kagum para pecinta otomotif.

Deretan nama pembalap legendaris MotoGP pada masa itu turut juga mewarnai, beberapa di antaranya yakni Mwx Biaggi, Mick Doohan, dan Valentino Rossi. Deretan nama tersebut bahkan turut memperindah podium di Sentul.

Baca Juga: Jadwal German Open 2022 Hari Ini: Dua Ganda Campuran RI Berjuang ke Semifinal

Pada masa itu, Mick Doohan tercatat sukses mendapat podium tertinggi di kelas 500cc  musim 1996. Setahun setelahnya, Max Biaggi juga sukses meraih podium di kelas 250cc. Sedangkan, Valentino Rossi berhasil meraih podium di kelas 125cc.

Hanya saja, emeriahan MotoGP Indonesia ini tidak bertahan lama. Sebab, tahun di Indonesia terkadi krisis keuangan pada tahun 1998 sehingga pemerintah pun menghentikan kontrak dengan Dorna yang merupakan pengelola MotoGP.

Selain itu, pada tahun 1999 hadir Sirkuit Sepang Malaysia, yang mana hal itu membuat Dorna memutuskan agar gelaran MotoGP dipindah ke Malaysia. 

Kini, Indonesia kembali menjadi tuan rumah gelaran MotoGP dengan Mandalika sebagai sirkuit andalannya. Geleran MotoGP Mandalika yang berada di Lombok ini akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022. Sudahkan Anda siap untuk menonton MotoGP?

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar