facebook

Kisah Abou Diaby, Eks Arsenal yang Jadi Hafiz Al-Qur'an

Arief Apriadi
Kisah Abou Diaby, Eks Arsenal yang Jadi Hafiz Al-Qur'an
Mantan pemain Arsenal, Abou Diaby. [AFP]

Abou Diaby semasa masih menjadi pemain profesional sudah rajin membaca Al-Quran.

Suara.com - Mesut Oezil bukan pemain muslim pertama yang pernah dimiliki Arsenal. Jauh sebelum itu, Meriam London punya pemain yang juga seorang penghafal Al-Quran, dialah Abou Diaby.

Selain dikenal sebagai seorang muslim yang taat, Abou Diaby semasa masih menjadi pemain profesional bersama Arsenal juga sudah rajin membaca Al-Quran.

Fakta ini pernah diungkap salah satu pengajar di Ebrahim College London, Mufti Muhammad di tahun 2012 lalu dan menyebut Abou Diaby saat itu sudah hafal 19 juz.

Bukan tak mungkin Abou Diaby yang saat ini sudah berusia 35 tahun memiliki tambahan hafalan juz seiring waktu yang sudah dilalui hingga tahun ini.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris Tadi Malam: Arsenal Benamkan MU, Tottenham Terlempar dari 4 Besar

"Lewat obrolan saya dengan Abou Diaby pada acara makan malam, dia bisa hafal 19 Juz Alquran," ucap Mufti Muhammad seperti dikutip dari BBC Sports.

Hubungan Mufti dan Diaby memang sangat baik. Keduanya memiliki fokus terhadap pengembangan lembaga pendidikan dan membimbing mualaf bagi yang ingin mengenal lebih jauh ajaran Islam.

Pemain Arsenal, Abou Diaby (tengah), saat membaca Alquran. (Youtube)
Pemain Arsenal, Abou Diaby (tengah), saat membaca Alquran. (Youtube)

Tak hanya membaca dan menghafalkan Al-Quran, Diaby juga mempraktekkan apa yang menjadi tuntunan hidup seperti salah satunya gemar bersedekah.

Menurut laporan yang sama, Diaby merupakan salah satu donatur sekolah Islam yang terkenal di London meskipun karier sepak bolanya tak semulus harapan.

Cedera demi cedera yang dialami Diaby membuatnya terpaksa pensiun di tahun 2017, tepatnya saat pemain timnas Prancis ini bermain untuk Olympique Marseille.

Baca Juga: Hasil Arsenal vs Manchester United: The Gunners Sementara Unggul 2-1

Liga Inggris memang tak pernah kehabisan pemain muslim, hingga saat ini pun banyak pemain beragama Islam yang merumput di salah satu kompetisi sepak bola terbaik dunia itu.

Komentar