facebook

Setelah Satu Tahun Menepi, Serena Williams Siap Tampil di Wimbledon

Syaiful Rachman
Setelah Satu Tahun Menepi, Serena Williams Siap Tampil di Wimbledon
Ekspresi petenis Amerika Serikat, Serena Williams usai mengalahkan petenis Rusia, Anastasia Potapova pada laga Australian Open di Melbourne, Jumat (12/2/2021). [Brandon MALONE / AFP]

Serena Williams mengalami cedera parah saat tampil di Wimbledon tahun lalu.

Suara.com - Tidak mudah bagi Serena Williams untuk kembali ke Wimbledon karena dia mengaku membutuhkan waktu untuk memulihkan diri, baik fisik maupun mental, selama setahun rehat dari turnamen akibat cedera.

Williams, yang kini berusia 40 tahun, mengalami cedera hingga harus tertatih-tatih saat menjalani putaran Wimbledon tahun lalu. Dia pun memutuskan untuk tidak melanjutkan pertandingan dan keluar lapangan sambil mengusap air mata.

Reaksi Serena Williams saat meraih poin ketika menghadapi petenis Serbia Nina Stojanovic di nomor tunggal putri turnamen Australian Open 2021 di Melbourne. Paul CROCK / AFP
Reaksi Serena Williams saat meraih poin ketika menghadapi petenis Serbia Nina Stojanovic di nomor tunggal putri turnamen Australian Open 2021 di Melbourne. Paul CROCK / AFP

"Entahlah. Saya tidak pensiun. Saya butuh memulihkan diri fisik dan mental. Ya, saya awalnya tidak punya rencana apa pun. Saya hanya tidak tahu kapan saya akan kembali ke lapangan. Saya tidak tahu bagaimana saya bisa kembali," kata Williams kepada reporter, seperti dikutip Antara dari Reuters, Sabtu (25/6/2022).

Petenis Amerika Serikat itu kini merosot ke posisi 1024 dalam ranking WTA sehingga membutuhkan mendapat wildcard dari panitia All England Lawn Tennis Club agar bisa tampil di pertandingan tunggal Wimbledon.

Baca Juga: Hasil Piala Presiden 2022: Kena Comeback Borneo FC, Laju Persija Jakarta Terhenti di Fase Grup

Dia telah mengikuti turnamen pemanasan lapangan rumput bersama petenis Tunisia Ons Jabeur dalam nomor ganda putri di Eastbourne pekan lalu sebelum memutuskan mundur karena cedera yang dialami Jabeur.

"Saya pernah bilang bahwa saya bersedia bermain di Eastboune. Saya mengira saya tidak akan pernah siap untuk bertanding di nomor tunggal,"

"Tapi bermain ganda ternyata menyenangkan. Saya merasa lebih siap dari yang saya kira beberapa bulan sebelumnya. Jadi cukup mengejutkan, tapi saya juga mendapat waktu yang menyenangkan."

Williams, yang mengawali comeback-nya di Wimbledon dengan menantang petenis Prancis Harmony Tan, mengatakan bahwa dia sempat merasa cedera yang dideritanya terus menghantui sepanjang 2021 sejak terakhir kali tampil di turnamen lapangan rumput itu.

"Tahun lalu sangat sulit bagi saya. Hamstring saya robek...Dari pengalaman tersebut saya mencoba kembali ke New York, melakukan apapun yang saya bisa, berusaha membuat diri saya siap. Tapi saya berpikir saya tidak bisa melakukannya sehingga saya memutuskan untuk menggantungkan raket saya untuk sementara hingga saya pulih," ujarnya.

Baca Juga: Hasil Piala Presiden 2022: Barito Putera Batalkan Kemenangan Madura United di Samarinda

Komentar