Trik Memutar Video di YouTube Tanpa Terputus

Liberty Jemadu | Aditya Gema Pratomo
Trik Memutar Video di YouTube Tanpa Terputus
Ilustrasi aplikasi YouTube diakses melalui telepon seluler pintar (Shutterstock).

Meski sudah beralih ke aplikasi lain.

Suara.com - YouTube adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna Android. Anda bisa mencari berbagai macam jenis video, dari mulai memasak, binatang, musik, dan film, melalui aplikasi ini.

Sayangnya, YouTube diketahui memiliki sebuah kelemahan. Aplikasi milik Google ini akan berhenti memutar video begitu pengguna keluar dari platform mereka.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, terdapat beberapa trik yang dapat dilakuakan agar video tetap dapat diputar walau Anda sudah beralih ke aplikasi lain. Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan.

Gunakan Desktop Site di Chrome

Anda dapat tetap memutar video, saat sedang membuka YouTube di Chrome. Caranya? Buka situs YouTube seperti biasa dan cari video yang ingin ditonton. Kemudian, tekan ikon "tiga titik" di kanan atas browser dan beri centang di pilihan "desktop site".

Setelah selesai dilakukan, keluar dari Chrome. Video yang Anda putar pasti berhenti. Namun jangan panik, coba tarik menu notifikasi, dan Anda akan menemukan opsi baru untuk memutar kembali video. Setelah memncet play, video akan tetap terputar walau browser sudah tak terbuka.

Gunakan Split Screen

Fitur Split Screen mulai tersedia di Android 7.0 Nougat. Dengan Split Screen, Anda dapat membuka YouTube dan aplikasi lain secara sekaligus.

Caranya? Buka aplikasi YouTube seperti biasa, kemudian tekan tombol recent apps. Setelah muncul, pilih ikon dua kotak yang tertetak di kanan atas YouTube. Selanjutnya, adalah pilih aplikasi lain yang akan Anda buka.   

Manfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda juga bisa menggunakan aplikasi bernama "Awesome Pop-up Video" yang tersedia gratis di Play Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda menonton video YouTube sambil membuka aplikasi lain.

Caranya pun mudah. Cukup buka aplikasi tersebut, dan cari video yang Anda inginkan. Setelah ditemukan, pencet play agar video terputar. Ketika Anda menutup aplikasi, video akan tetap terputar bahkan ketika Anda sedang mengakses WhatsApp.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS