Waspada! 4 Penipuan Terpopuler Via WhatsApp

Ferry Noviandi | Aditya Gema Pratomo
Waspada! 4 Penipuan Terpopuler Via WhatsApp
Logo WhatsApp. [Shutterstock]

Kepopuleran WhatsApp yang masif, sayangnya dimanfaatkan oleh peretas untuk melakukan

Suara.com - WhatsApp adalah salah satu aplikasi messaging terpopuler di global. Tercatat, aplikasi ini memiliki pengguna sekitar 1,5 miliar dari seluruh dunia.

Kepopuleran WhatsApp yang masif, sayangnya dimanfaatkan oleh peretas untuk melakukan scam (penipuan). Berikut ini beberapa scam yang kerap dilakukan oleh peretas:

1. Scam Voucher

Scam seperi ini biasanya menjanjikan voucher hadiah kepada penerima. Namun, penerima harus mengklik tautan yang didapatkan untuk mengambil hadiah.

Dalam tautan tersebut, Anda biasanya harus mengisi informasi pribadi sebagai syarat pengambilan hadiah. Padahal, tautan tersebut akan menjebak Anda untuk memberikan informasi.

Aplikasi WhatsApp pada sebuah ponsel Android (Shutterstock).

2. Scam Pesan Suara

Scam jenis ini biasanya meninggalkan pesan suara di kotak masuk. Anda harus mendengarkan tombol listen untuk mendengarkan pesan. Sayangnya, tombol yang Anda pencet malah memandu Anda untuk memasang malware di ponsel.

3. WhatsApp Gold

Beberapa pengguna sempat melaporkan mendapat pesan untuk mengunduh WhatsApp versi baru. Versi terbaru WhatsApp dinamakan WhatsApp Gold.

Saat tautan diklik, pengguna malah diarahkan ke sebuah situs palsu dan secara otomatis malware terpasang di ponsel.

4. WhatsApp Spy

Anda melihat sebuah link yang mengarahkan Anda ke WhatsApp Spy. Link tersebut menjanjikan pengguna untuk dapat melihat segala jenis percakapan teman. Padahal, Anda diarahkan ke sebuah laman yang mengharuskan Anda membayar.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS