Wabah Covid-19, Kapan Kita Hidup Normal Kembali? Ini Ramalan Bill Gates

Liberty Jemadu
Wabah Covid-19, Kapan Kita Hidup Normal Kembali? Ini Ramalan Bill Gates
Pendiri Microsoft, Bill Gates. [Instagram]

Kapan kita kembali bisa bekerja, bermain, bersekolah, nongkrong, ngopi, jalan-jalan dll? Ini ramalan Bill Gates.

Suara.com - Perlu diakui bahwa sekarang manusia hidup dalam kondisi tak normal, penuh rasa-rasa was-was karena wabah Covid-19 dan menurut Bill Gates, pendiri Microsoft, hanya ada satu syarat agar kita bisa hidup normal lagi: vaksin.

Ketika vaksin Covid-19 sudah ditemukan, maka umat manusia di Bumi - kita - bisa kembali hidup normal: bekerja, bersekolah, bermain, nongkrong, berplesir, dan melakukan semua kegiatan yang saat ini tak bisa kita kerjakan.

Negara maju, kata Gates dalam wawancara dengan Fox News, mungkin bisa cepat mengatasi Covid-19. Tetapi jika di negara-negara berkembang atau miskin virus itu masih ada, upaya negara maju akan sia-sia.

"Semuanya tidak akan kembali benar-benar normal sampai kita menemukan vaksin yang bisa disebar ke seluruh dunia," kata Gates.

Sialnya, setidaknya menurut hitung-hitungan normal, vaksin Covid-19 baru akan tersedia sampai 2021 mendatang. Tapi kabar baiknya saat ini sudah banyak perusahaan dan pemerintah yang berlomba menciptakan vaksin Covid-19 dan berambisi memproduksinya secepat mungkin.

Menurut Gates, setelah vaksin berhasil dikembangkan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk memproduksinya dengan kapasitas miliaran dosis agar bisa disebar ke seluruh dunia.

Gates pada pekan lalu, lewat sebuah blog, mendesak agar pemerintah Amerika Serikat mulai membangun pabrik-pabrik untuk memproduksi beragam jenis vaksin Covid-19.

Ia mengakui bahwa mungkin akan ada beberapa vaksin yang tidak akan digunakan, tetapi itu adalah satu-satunya cara untuk memastikan ada pihak yang akan memproduksi vaksin dalam jumlah besar.

"Karena banyak calon vaksin diproduksi menggunakan peralatan unik, kita harus membangun fasilitas masing-masing untuk mereka," tegas Gates.

Ia mengatakan tanggung jawab untuk membangun fasilitas produksi vaksin harus diambil oleh negara, karena perusahaan swasta akan merugi jika membangun pabrik yang belum tentu vaksinnya digunakan.

"Perusahaan swasta tak mungkin mengambil risiko seperti itu, tetapi pemerintah bisa," kata dia.

Gates sendiri, lewat yayasannya, telah menyumbang ratusan juga untuk melawan wabah Covid-19 di dunia. Ia juga menjadi salah satu tokoh dunia yang selalu memperingatkan akan wabah virus mematikan yang bisa membinasakan manusia dalam jumlah besar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS