Trafik Telkomsel Naik Alami Peningkatan Selama WFH karena Covid-19

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Trafik Telkomsel Naik Alami Peningkatan Selama WFH karena Covid-19
Ilustrasi mobil-mobil operasional Telkomsel. (Antara/Dewi Fajriani).

Peningkatan trafik Telkomsel terjadi pada pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja atau meeting conference, yang lebih dari 443 persen.

Suara.com - Sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan pemerintah untuk beraktifitas dari rumah, Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi khususnya layanan broadband mencapai 16 persen.

Lonjakan trafik komunikasi berbasis broadband secara keseluruhan tersebut juga didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring yang meningkat lebih dari 5404 persen.

Selain itu, peningkatan juga terjadi pada pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja atau meeting conference, yang lebih dari 443%.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, Telkomsel mencatat pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil. Namun untuk trafik layanan komunikasi pesan instan tumbuh sebesar 40 persen dan game online meningkat sebesar 34 persen.

"Untuk layanan hiburan seperti streaming video terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17 persen. Lonjakan ini juga didukung dengan tumbuhnya jumlah pengguna layanan streaming video on demand MAXstream sebesar 18 persen dibandingkan bulan sebelumnya," ujar Setyanto Hartono, dalam keterangannya, Senin (6/4/2020)

Dalam memastikan kualitas jaringan yang prima di wilayah residensial, rumah sakit rujukan dan rumah sakit darurat Covid-19, operator telekomunikasi plat merah ini telah melakukan antisipasi dengan mengoptimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz, yang sudah tersedia di seluruh BTS di sekitar kawasan tersebut.

Telkomsel bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Satuan Gugus Tugas COVID-19 juga membantu penyediaan layanan broadcast SMS untuk penyebaran informasi terkini yang berkaitan dengan himbauan serta edukasi guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaraan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Catatan dari Redaksi: Jika merasakan gejala batuk, sakit tenggorokan dan demam, tersedia informasi seputar Coronavirus Disease atau Covid-19 di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119. Terapkan imbauan tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing dengan jarak minimal dua meter persegi. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS