alexametrics

Mediatek Umumkan SoC Dimensity 820 untuk Ponsel Menengah

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Mediatek Umumkan SoC Dimensity 820 untuk Ponsel Menengah
Jajaran ponsel di salah satu toko dalam pusat perbelanjaan gadget Mal Ambassador, Jakarta Selatan, Selasa (18/2/2020). [Antara/Arindra Meodia]

Mediatek mengatakan bahwa Dimensity 820 menjanjikan empat inti Arm Cortex-A76 dengan clockspeed 2,6 GHz.

Suara.com - MediaTek resmi mengumumkan system-on-chip (SoC) Dimensity 820 yang didesain untuk menjadi jantung sejumlah ponsel menengah. Secara keseluruhan, Dimensity 820 menawarkan kecepatan 5G dan membawa berbagai inovasi terbaru dalam fitur multimedia, AI dan pencitraan.

Dalam keterangan resminya, Dr. Yenchi Lee, Assistant General Manager Wireless Communications Business Unit MediaTek mengatakan bahwa Dimensity 820 menjanjikan empat inti Arm Cortex-A76 dengan clockspeed 2,6 GHz, serta meningkatkan pengalaman AI, gaming, dan fotografi.

Secara teknis, Dimensity 820 dilengkapi GPU Arm Mali G57 yang sudah dilengkapi HyperEngine 2.0 sehingga pengguna bisa bermain berbagai game mobile terbaru. Para pembuat perangkat bisa menikmati dukungan untuk layar framerate tinggi 120 Hz, sementara fitur-fitur HDR dengan MediaTek MiraVision menawarkan visual paling tajam dalam video dan streaming.

MediaTek Dimensity 820 mengintegrasikan modem 5G NR (sub-6GH) ke dalam solusi cip tunggal ini dengan teknologi MediaTek 5G UltraSave, termasuk 5G UltraSave Network Environment Detection dan 5G UltraSave OTA Content Awareness yang ekslusif, yang bersama-sama menghadirkan efisiensi daya terbaik di kelasnya. Desain modem 5G ini juga menggunakan teknologi-teknologi adaptasi bandwith part (BWP) dinamis dan penghematan daya modus discontinuous reception (C-DRX) terhubung.

Baca Juga: Dipacu Prosesor Mediatek, Harga Samsung Galaxy A31 Dipatok Rp 4,2 Juta

Teknologi 5G Carrier Aggregation (CA) menghadirkan kecepatan rata-rata lebih tinggi dan perpindahan mulus antara dua wilayah koneksi 5G untuk konektivitas paling handal. Dimensity 820 juga mendukung SIM ganda, teknologi 5G standby ganda (DSDS) untuk akses ke kecepatan paling tinggi dan layanan Voice over New Radio (VoNR) di kedua SIM.

Sedangkan fitur-fitur yang dimiliki MediaTek Dimensity 820 lainnya bisa disimak di bawah ini:

APU (AI Processing Unit) 3.0
MediaTek APU 3.0 menyediakan kemampuan kamera-AI lebih canggih sehingga pengguna bisa mengambil gambar dan video menakjubkan di saat yang sama tanpa hilangnya kualitas.

Teknologi gaming HyperEngine 2.0
MediaTek HyperEngine 2.0 menyediakan peningkatan-peningkatan untuk gaming di smartphone. Digabungkan dengan GPU lima-inti premium di chipset ini, HyperEngine 2.0 menghadirkan sebuah pengalaman gaming hebat dengan berbagai optimasi yang mengurangi latensi jaringan untuk permainan lebih lancar, mendukung waktu respon lebih cepat dan meningkatkan kualitas tampilan.

Teknologi ini juga dengan cerdas mengatur sumber-sumber daya CPU, GPU dan memori untuk mengoptimalkan daya dan kinerja.

Baca Juga: MediaTek Helio G85 Dikenalkan, Langsung Debut pada Redmi Note 9

MediaTek Imagiq 5.0
Image signal processor (ISP) native-HDR kelas flagship ini mendukung hingga empat kamera dan sensor hingga 80 MP, menyediakan fleksibilitas desain lebih banyak bagi pembuat perangkat.

Komentar