Ilmuwan Temukan Lubang Biru di Dasar Lautan Florida

RR Ukirsari Manggalani | Tivan Rahmat
Ilmuwan Temukan Lubang Biru di Dasar Lautan Florida
Ilustrasi gua di samudera [Shutterstock].

Lubang biru atau Green Banana akan diteliti dengan fokus keanekaragaman hayati.

Suara.com - Para ilmuwan berhasil menemukan sebuah lubang biru misterius di dasar samudera di sekitar perairan Florida, Amerika Serikat.  Rencananya, Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat (NOAA) akan mengeksplorasi objek yang disebut Green Banana itu.

Menurut laporan New York Post pada Senin (27/7/2020), eksplorasi ini bertujuan untuk menemukan bentuk kehidupan di dasar lautan dengan kedalaman 425 kaki atau sekitar 129,5m.

Rencananya, misi Green Banana akan berlangsung selama tiga tahun dan berfokus pada penelitian keanekaragaman hayati yang mungkin hidup di dalamnya.

Secara teknis, penelitian akan melibatkan para penyelam dan peralatan pemantauan jarak jauh untuk menelusuri potensi kehidupan di wilayah misterius tadi.

Para peneliti dalam misi ingin memeriksa setiap mikroba yang ditemukan di lubang itu serta mengetahui kandungan nutrisi lubang biru yang memungkinkan organisme hidup.

Meski sebatas hipotesis, mereka juga berencana meneliti kemungkinan adanya hubungan antara Green Banana dengan sistem air tanah Florida.

Andai rencana berjalan mulus, penyelaman perdana akan berlangsung Agustus mendatang, disusul penyelaman lanjutan tahun depan.

"Lubang biru adalah komunitas biologis beragam yang penuh dengan kehidupan laut, termasuk karang, spons, moluska, penyu, hiu, dan banyak lagi," jelas juru bicara NOAA.

"Air laut di lubang-lubang itu unik karena mengandung unsur kimia tertentu, dan tampaknya berinteraksi dengan air tanah dan kemungkinan lapisan akifer. Penelitian ini akan berkontribusi pada hubungan karbon antara air permukaan laut dan air tanah," demikian penjelasan detailnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS