Cara Membuat Vlog dengan HP

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Cara Membuat Vlog dengan HP
Ilustrasi membuat vlog dengan HP. (Shutterstock)

Pilihlah HP dengan kamera bagus untuk membuat vlog.

Suara.com - Di era serba digital seperti sekarang ini, mendokumentasikan keseharian dalam video atau vlog, telah menjadi bagian dari gaya hidup. Bagi para pembuat konten profesional, mereka telah dipersenjatai kamera canggih itu membuat vlog.

Tapi bagi Anda yang baru akan memulainya, membuat vlog hanya dengan bermodalkan HP pun bisa. Ingin tahu caranya? Perhatikan tips membuat vlog dengn HP berikut ini:

  • Durasi
    Karena seorang pemula yang tak banyak memiliki pengikut, sebaiknya durasi konten vlog yang dibuat tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Sebaiknya, durasi vlog yang dibuat berkisar antara 10-30 menit saja. Jika durasi vlog terlalu panjang, umumnya viewers akan merasa bosan.

  • Thumbnail menarik
    Ibarat buku, thumbnail adalah sampul yang dilihat viewers sebelum menonton video. Baik di YouTube maupun Instagram, keberadaan Thumbnail menentukan respon viewers untuk melanjutkan atau meninggalkan konten yang telah Anda buat.

    Sekadar saran, sebaiknya thumbnail dipilih berdasarkan adegan menarik yang diambil dari video yang Anda rekam. Selanjutnya, kombinasikan thumbnail dengan judul yang menarik.

  • Pilih HP dengan kamera ciamik
    Karena merekam menggunakan HP, tentu saja kamera ponsel yang menjadi senjata utama Anda ketika membuat vlog. Pastikan Anda menggunakan ponsel yang punya kemampuan kamera yang yang bukan ecek-ecek.

  • Horizontal
    Sebenarnya ini saran yang bisa Anda ikuti bisa juga tidak. Kebanyakan orang merekam video dengan posisi horizontal dan sangat jarang orang ngevlog vertikal di Youtube. Maka dari itu, vlog dengan kamera vertikal bisa menjadi peluang agar Anda terlihat anti-mainstream.

  • Aplikasi edit video
    Ibarat model, aplikasi edit video adalah make up yang bisa mempercantik hasil akhir vlog. Saat ini, sudah tersedia banyak aplikasi video editor di Google Play maupun Apps Store, tinggal pilih mana yang sesuai dengan selera Anda.

Demikianlan cara membuat vlog dengan HP. Selamat mencoba!

Baca Juga: BPJS Kesehatan Gelar Lomba Vlog untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS