alexametrics

Bos PlayStation Sebut Perjalanan VR di Dunia Game Masih Panjang

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Bos PlayStation Sebut Perjalanan VR di Dunia Game Masih Panjang
Ilustrasi PlayStation VR. [Shutterstock]

Headset VR baru tidak akan dirilis bersama PlayStation 5.

Suara.com - CEO Sony PlayStation, Jim Ryan, mengatakan teknologi Virtual Reality (VR) masih memiliki perjalanan panjang untuk dapat menjadi bagian yang berarti bagi dunia game.

Meski begitu, Sony tidak menyerah pada teknologi tersebut. Pernyataan itu menunjukkan bahwa pembaruan untuk headset Sony PlayStation VR kemungkinan masih bertahun-tahun lamanya.

"PlayStation percaya pada VR. Sony percaya pada VR dan kami yakin di masa depan, VR akan mewakili komponen hiburan interaktif yang berarti. Tapi apakah itu tahun ini? Tidak. Akahkah tahun depan? Tidak. Tapi kami percaya itu akan datang pada waktu tertentu," kata Ryan, seperti dikutip The Verge pada Jumat (30/10/2020).

Ryan menambahkan bahwa konsol terbaru PlayStation 5 yang akan dirilis pada 12 November juga telah mendukung headset PlayStation VR lama dengan adaptor khusus.

Baca Juga: Sony dan PlayStation Kerja Sama Bareng Travis Scott

Konsol game Playstation 5 atau PS5 diluncurkan pada Jumat (12/6/2020). [Dok Playstation]
Konsol game Playstation 5 atau PS5 diluncurkan pada Jumat (12/6/2020). [Dok Playstation]

Sony tampaknya menyusun rencana yang cukup matang untuk pengembangan VR. Pada April 2019, Mark Cerny, arsitek sistem PlayStation mengatakan kepada Wired bahwa VR adalah teknologi yang penting bagi Sony, tetapi tidak memberikan detail lebih lanjut.

Dominic Mallinson, kepala penelitian dan pengembangan, juga mengatakan bahwa headset VR baru tidak akan dirilis bersama PlayStation 5. Walau begitu, Mallinson membicarakan tentang teknologi yang dapat disematkan di PSVR generasi berikutnya, seperti fitur pelacakan mata dan pengontrol yang diperbarui.

Komentar