alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Maradona Wafat, Donald Trump Ucapkan Belasungkawa untuk Madonna?

Liberty Jemadu
Maradona Wafat, Donald Trump Ucapkan Belasungkawa untuk Madonna?
Dalam foto file ini diambil pada tanggal 29 Juni 1986 kapten tim bintang sepak bola Argentina Diego Maradona mengangkat Piala Dunia yang dimenangkan oleh timnya setelah kemenangan 3-2 atas Jerman Barat di stadion Azteca di Mexico City. [STAF / AFP]

Benarkah Donald Trump mengira Maradona sebagai Madonna?

Suara.com - Wafatnya Diego Armando Maradona, salah satu dewa di dunia sepak bola, pada 25 November kemarin disambut ungkapan belasungkawa dan penghormatan dari para tokoh dunia.

Salah satu yang mencuri perhatian media sosial adalah foto ucapan belasungkawa di Twitter dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang tampaknya menyamakan Maradona dengan penyanyi solo Madonna.

Tetapi benarkah demikian?

Foto hoaks yang menggambarkan seolah-olah Donald Trump telah menyamakan bintang sepak bola Maradona dengan penyanyi Madonna. [Istimewa]
Foto hoaks yang menggambarkan seolah-olah Donald Trump telah menyamakan bintang sepak bola Maradona dengan penyanyi Madonna. [Istimewa]

Foto cuitan Trump tentang Maradona itu sendiri sudah banyak beredar di media sosial.

Baca Juga: Ironi Diego Maradona: Fenomenal sebagai Pemain, Memble sebagai Pelatih

"Very sad to hear about the death of Maradona. A great person. Her music was wonderful. I remember listening to her albums in the early 1980's. Rest In Peace!" demikin isi cuitan yang viral tersebut.

Jika diterjemahkan secara bebas, artinya kira-kira seperti berikut ini, "Sungguh sedih mendengar wafatnya Maradona. Orang yang hebat. Musiknya sangat luar biasa. Saya ingat mendengar album-albumnya di awal 1980an. Beristirahatlah dalam damai!"

Akan tetapi saat ditelusuri, cuitan itu tak ada di akun Twitter resmi Donald Trump, @realDonaldTrump, demikian dilansir dari Reuters, Kamis (26/11/2020).

Menurut Politwoops - sebuah proyek bikinan organisasi pers investigasi Amerika Serikat ProPublica yang mengarsipkan tweet-tweet politikus yang telah dihapus - tidak ada cuitan Trump soal Maradona yang sudah dihapus.

Kesimpulannya, foto cuitan Trump soal wafatnya Maradona dan dikaitkan dengan Madonna itu adalah hoaks belaka.

Baca Juga: 15 Tahun Lalu, Diego Maradona Ingin Tulis Pesan Ini di Batu Nisannya

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar