alexametrics

Cara Kirim Email Rahasia di Gmail

Liberty Jemadu | Lintang Siltya Utami
Cara Kirim Email Rahasia di Gmail
Cara kirim email rahasia di Gmail bisa menggunakan Confidential Mode. Foto: Logo Gmail baru. [Antara]

Cara kirim email rahasia di Gmail bisa menggunakan Confidential Mode.

Suara.com - Google memiliki Mode Rahasia (Confidential Mode) di Gmail yang bisa digunakan sebagai cara kirim email rahasia. Dengan mode ini hanya penerima email yang dapat melihat isi pesan pengguna, meski perangkatnya dipegang orang lain.

Saat pengguna menggunakan Mode Rahasia di Gmail, penerima harus memasukkan kode untuk membaca email tersebut. Setelah pengguna mengirim pesan, penerima akan menerima email yang memberi tahu bahwa email rahasia sedang menunggu.

Untuk membacanya, penerima harus memverifikasi identitasnya menggunakan kode yang dikirim baik melalui email (ke akun yang sama) atau melalui SMS (ke nomor yang dipilih).

Selain proses verifikasi, pesan yang dikirim melalui Mode Rahasia juga memiliki waktu kedaluwarsa. Pengguna dapat memilih tanggal kedaluwarsa dalam seminggu, sebulan, tiga bulan, atau lima tahun.

Baca Juga: Throwback, Google Luncurkan Gmail 17 Tahun Lalu Malah Dikira April Mop

Berikut cara mengirim email rahasia di Gmail seperti dilansir dari How to Geek:

  • Masuk ke Gmail
    Masuk ke akun Gmail dan klik tombol Compose di pojok kiri atas untuk mulai menulis email baru.

  • Confidential Mode
    Tambahkan alamat email penerima, subjek, dan menuliskan isi email, lalu klik Confidential Mode di bagian bawah kotak email yang memiliki ikon seperti gembok dengan jam di atasnya.

  • Siapkan Kode
    Pada kotak yang muncul di layar, atur periode waktu kedaluwarsa dan pilih apakah akan meminta kode sandi melalui SMS atau tidak.

    Jika pengguna memilih opsi No SMS Passcode, kode tersebut akan otomatis dikirim ke alamat email yang sama dengan yang pengguna masukkan di kotak alamat email tujuan.

  • Kirim
    Klik Save dan periksa kembali pesan sebelum mengirimnya. Jika pengguna memilih verifikasi kode sandi SMS, pengguna harus memasukkan nomor ponsel penerima sebelum mengirim pesan, pastikan untuk tidak memasukkan nomor yang salah.

  • Batalkan
    Tak hanya itu, pengguna juga dapat membatalkan akses ke pesan rahasia yang telah dikirim. Setelah pengguna mengirim email menggunakan Mode Rahasia, pesan tersebut akan muncul di kotak masuk. Untuk membatalkan pengiriman email rahasia, klik pesan tersebut lalu pilih opsi Remove Access. Jika penerima belum membaca email tersebut, mereka tidak akan bisa mengaksesnya setelah dihapus.

    Demikianlah cara kirim email rahasial di Gmail, mudah bukan? Selamat mencoba!

Komentar