alexametrics

Sempat Populer, Clubhouse Kini Hanya Diunduh 900.000 Kali

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Sempat Populer, Clubhouse Kini Hanya Diunduh 900.000 Kali
Clubhouse. [Erin Kwon/Unsplash]

Popularistas Clubhouse merosot drastis.

Suara.com - Aplikasi audio-sosial Clubhouse sempat populer pada awal tahun dengan total unduhan mencapai 9,6 juta kali per Februari 2021. Namun total unduhan aplikasi merosot tajam menjadi 900.000 kali.

Menurut laporan 9to5Mac, Rabu (5/5/2021), Clubhouse hanya memiliki 922.000 unduhan secara global per April 2021. Angka ini menurun 66 persen dari 2,7 juta unduhan pada bulan Maret, atau lebih besar jika dibandingkan dengan Februari yang mencapai 9,6 juta kali.

Berdasarkan data dari firma riset aplikasi Sensor Tower, pengguna Clubhouse memang masih kuat. Sebab, mereka yang sudah mengunduh masih menyimpan aplikasi tersebut dalam ponselnya.

Namun penurunan signifikan pada jumlah unduhan bakal mengkhawatirkan perusahaan. Angka itu mengartikan bahwa jumlah pengguna potensial ke aplikasi masih sedikit.

Baca Juga: Aplikasi Clubhouse Android Hadir dalam Versi Beta, Ini Penjelasannya

Di sisi lain, perusahaan telah mencoba untuk tetap berinovasi dengan menghadirkan fitur baru seperti layanan monetisasi hingga program yang membantu konten kreator. Sayangnya usaha itu masih belum cukup untuk menghadapi persaingan.

Sebagaimana diketahui, beberapa aplikasi besar seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, Telegram, Spotify, hingga Discord telah memperkenalkan platform audio-live mereka sendiri. Hal ini dilakukan untuk meredam kepopuleran Clubhouse yang sempat memuncak pada awal tahun.

Khusus Twitter, mereka telah berhasil meluncurkan platform audio-live bernama Spaces. Saat ini, fitur juga sudah tersedia ke lebih banyak pengguna iOS dan Android. Berbeda dengan Clubhouse yang sampai saat ini masih eksklusif untuk pengguna iOS (iPhone dan iPad).

Komentar