alexametrics

Pentagon Hapus Xiaomi dari Daftar Perusahaan Terkait Militer China

Liberty Jemadu
Pentagon Hapus Xiaomi dari Daftar Perusahaan Terkait Militer China
Logo Xiaomi. [Shutterstock]

Xiaomi membantah terkait dengan militer dan Partai Komunis China.

Suara.com - Departemen Pertahanan Amerika Serikat akan menghapus Xiaomi dari daftar perusahaan yang tak boleh diajak sebagai mitra oleh perusahaan AS, demikian diwartakan Reuters, Rabu (12/5/2021).

Keputusan Pentagon itu, sebutan untuk Departemen Pertahanan AS, diketahui dari sebuah dokumen pengadilan. Isi dokumen itu menyatakan bahwa Pentagon dan Xiaomi sepakat untuk menyelesaikan sengketa antara keduanya di luar pengadilan.

Seperti diwartakan sebelumnya bahwa pada Januari, hanya beberapa bulan sebelum digantikan oleh Joe Biden, Presiden Donald Trump memasukkan Xiaomi dalam daftar perusahaan yang dinilai berkaitan dengan Partai Komunis China dan militer Tiongkok. Karenanya perusahaan-perusahaan AS dilarang untuk bermitra dan berinvestasi di Xiaomi.

Xiaomi sendiri membantah tudingan itu dan menegaskan pihaknya sama sekali tak punya hubungan dengan partai komunis maupun militer China. Sebagai respons, Xiaomi lalu menggugat Pemerintah AS di pengadilan di Amerika Serikat sendiri.

Baca Juga: Xiaomi Ajukan Teknologi Smartphone untuk Diaplikasikan di Mobil Listrik

Tetapi setelah tampuk pemerintahan AS dipegang oleh Biden, rupanya perlakuan terhadap Xiaomi berubah. Belum diketahui bagaimana penyelesaian masalah ini ke depannya.

Juru bicara Xiaomi sampai kini belum memberikan keterangan resmi, meski mengungkap bahwa pihaknya akan terus mengamati perkembangan putusan Pentagon tersebut. Sementara Pemerintah AS juga belum memberikan keterangan lanjutan.

Komentar