alexametrics

Beda 4G dan 5G: Kecepatan hingga Ponsel yang Mensupport

Rifan Aditya
Beda 4G dan 5G: Kecepatan hingga Ponsel yang Mensupport
Beda 4G dan 5G: Kecepatan hingga Ponsel yang Mensupport - Ilustrasi tentang teknologi jaringan 5G (Shutterstock).

Berikut ini beda 4G dan 5G dirangkum Suara.com dari berbagai sumber.

Suara.com - Tak hanya smartphone, jaringan internet juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Jaringan internet 4G kini mulai ditinggalkan setelah pemerintah meluncurkan 5G di Indonesia, pada Kamis (27/5/2021) lalu. Lantas apa beda 4G dan 5G?

Internet 5G diklaim memiliki kecepatan hingga 100 kali lipat dibandingkan 4G. Beda 4G dan 5G tak hanya dari kecepatan internetnya, tetapi juga dari beberapa aspek. Jaringan internet 5G tentu menawarkan fitur yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Jaringan 5G memiliki spesifikasi yang jauh lebih unggul dibandingkan jaringan 4G.  Berikut ini beda 4G dan 5G dirangkum Suara.com dari berbagai sumber.

1. Kecepatan Lebih Tinggi

Baca Juga: Menkominfo Dorong Masyarakat Segera Kenal Internet 5G

Jaringan 5G merupakan generasi kelima yang memiliki kecepatan lebih tinggi dari generasi sebelumnya, yaitu 4G LTE. Kecepatan 5G setara WiFi.

Jaringan 5G mengandalkan teknologi transmisi baru seperti antenna array MIMO dan agregasi operator yang meningkatkan kecepatan melebihi 4G-LTE. Bahkan, jaringan 5G disebut memiliki kecepatan 100 kali lipat dibandingkan 4G.

2. 5G Belum Bisa Menjangkau Banyak Wilayah Seperti 4G

Jaringan 5G memerlukan investasi dan bandwidth yang lebih banyak pula. Oleh karenanya jangkauan jaringan 5G masih belum bisa diakses di berbagai wilayah layaknya jaringan 4G.

Internet 5G baru tersedia di enam lokasi Jabotabek, yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera. Pasalnya, jaringan 5G memerlukan bandwidth minimal 100 Mhz dan contiguous. Sementara hal itu belum bisa diterapkan di berbagai wilayah.

Baca Juga: Jaringan 5G Bisa Jadi Ancaman untuk Konsol Game

3. Jaringan 5G Belum Mensupport Banyak Ponsel

Komentar