alexametrics

BMKG Peringatkan Potensi Banjir di Jakarta dalam Tiga Hari ke Depan

Liberty Jemadu
BMKG Peringatkan Potensi Banjir di Jakarta dalam Tiga Hari ke Depan
Ilustrasi--Petugas Sudin SDA Jaksel disiagakan 24 jam untuk antisipasi banjir. (Antara/Sihol Hasugian)

Selain Jakarta, banjir juga berpotensi terjadi di Jawa Barat, Jawa Timur dan Banten.

Suara.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan potensi bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang dan tanah longsor akibat cuaca ekstrem hingga tiga hari ke depan dengan level siaga.

Empat wilayah tersebut adalah Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur, kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Potensi tersebut berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak (IBF-Impact Based Forecast) untuk tanggal 15 September 2021. Informasi wilayah terdampak lebih spesifik hingga level kecamatan dapat diakses di https://signature.bmkg.go.id/.

Selain itu, BMKG memperingatkan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir/angin kencang dalam periode 13 hingga 20 September 2021 di Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung.

Baca Juga: Siaga Banjir, BPBD DKI Jakarta Minta Warga di Bantaran Kali Waspada

Kemudian Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara,Maluku Utara,Maluku,Papua Barat, dan Papua.

Guswanto menjelaskan dari total 342 Zona Musim (ZOM) di Indonesia, sesuai dengan prediksi sebelumnya di bulan Agustus yang lalu, sebanyak 14,6 persen akan mengawali musim hujan maju di bulan September 2021 ini, meliputi Sumatra bagian tengah dan sebagian Kalimantan.

Kemudian 39,1 persen wilayah pada Oktober 2021, meliputi Sumatra bagian selatan, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Bali. Sementara itu, sebanyak 28,7 persen wilayah lainnya pada November 2021, meliputi sebagian Lampung, Jawa, Bali - Nusa Tenggara, dan Sulawesi.

Dalam beberapa waktu terakhir, banjir sudah terjadi di beberapa daerah di utara Indonesia seperti di sebagian Sumatra dan Kalimantan. Banjir, seperti disampaikan BRIN pekan lalu, dipicu oleh hujan persisten serta terjadinya dua siklon tropis di sebelah utara Tanah Air.

Pada pekan ini, banjir sudah terjadi di wilayah Lebak, Banten dan Serui, Yapen, Papua. Banjir di Serui, demikian BMKG, dipicu oleh curah hujan ekstrem pada Selasa pagi.

Baca Juga: Perumahan Green Garden Kedoya Tidak Banjir Meski Jakarta Hujan Besar

Komentar