alexametrics

Telkom Siapkan Jaringan untuk Jamin Kelancaran Cabor Esports di PON Papua

Liberty Jemadu
Telkom Siapkan Jaringan untuk Jamin Kelancaran Cabor Esports di PON Papua
Jaringan broadband. (Dok: Telkomsel)

Telkomsel sudah menyiapkan jaringan data selular sebagai backup jaringan WiFi Telkom yang akan digunakan dalam pertandingan esports PON Papua.

Suara.com - Perusahaan telekomunikasi Telkomsel menyiapkan jaringan data selular untuk memastikan kelancaran cabang olahraga eksibisi esport pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan digelar di arena hoki dan kriket di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Selasa (21/9).

Manager RAN, Transport and Security Operation Telkomsel Maluku dan Papua Kurnia Widhi Atmadji mengungkapkan jaringan data selular tersebut sebagai cadangan jaringan.

"Telkomsel sudah menyiapkan jaringan data selular sebagai backup jaringan WiFi Telkom yang akan digunakan dalam pertandingan nantinya (sebagai default)," ujar Kurnia dalam keterangan tertulis yang diterima di Jayapura, Senin (20/9/2021).

Wilayah kota dan kabupaten Jayapura pada Minggu malam sempat mengalami penurunan kualitas jaringan. Terkait hal tersebut, Kurnia menyebutkan saat ini jaringan Telkomsel, khususnya di kota Jayapura, sudah berangsur pulih.

Baca Juga: PON Papua: Satgas COVID-19 Minta Prokes di Semua Venue Diperketat

"Telkomsel dan TelkomGroup sudah melakukan mitigasi dengan menggunakan backup link dan memprioritaskan trafik untuk PON di empat kota penyelenggara," kata Kurnia.

Empat kota penyelenggara yang dimaksud adalah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke. Kini trafik di empat daerah itu sudah mendapatkan prioritas ketimbang wilayah lain.

Ia pun mengatakan gangguan yang terjadi pada Minggu malam itu bersifat nasional.

Sebelumnya diwartakan bahwa layanan internet Telkomsel dan Indihome kacau-balau pada Minggu (19/9/2021) sampai Senin siang. Telkom, dalam keterangan resminya, mengatakan gangguan disebabkan oleh masalah pada kabel bawah laut.

Baca Juga: Gubernur Papua Lukas Enembe Pastikan Papua Siap Gelar PON XX

Komentar