alexametrics

Twitch Sebutkan Insiden Kebocoran Tidak Ungkap Data Kata Sandi

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Twitch Sebutkan Insiden Kebocoran Tidak Ungkap Data Kata Sandi
Aplikasi video Twitch pada sebuah ponsel pintar. [Shutterstock]

Twitch menindaklanjuti langsung dengan menghubungi pengguna yang terpengaruh insiden itu.

Suara.com - Situs live streaming, Twitch, menyatakan data pengguna seperti kata sandi (password) tidak diungkap dalam insiden kebocoran data yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Password Twitch belum terungkap. Kami juga yakin bahwa sistem yang menyimpan kredensial login Twitch, yang di-hash dengan bcrypt, tidak diakses. Juga nomor kartu kredit atau informasi ACH/bank," kata Twitch dalam blog resminya, dikutip Minggu (17/10/2021).

Twitch menyebutkan data yang bocor di web berisi dokumen dari repository source code mereka. Kemudian kebocoran data Twitch ini juga memuat sebagian dari data pembayaran kreator.

Twitch. [Caspar Camille Rubin/Unsplash]
Twitch. [Caspar Camille Rubin/Unsplash]

"Kami telah menjalani tinjauan menyeluruh terhadap informasi yang disertakan dalam file yang diekspos. Kami yakin bahwa itu hanya memengaruhi sebagian kecil pengguna dan dampaknya kecil," ujar Twitch.

Baca Juga: Ribut Soal Kebocoran Data Kependudukan, BEM KM UGM Gelar HackGov 2021

Saat ini Twitch melaporkan sudah menindaklanjuti langsung dengan menghubungi pengguna yang terpengaruh dari insiden tersebut.

"Kami bertanggung jawab untuk melindungi data-data Anda dengan sangat serius. Kami telah mengambil langkah-langkah untuk mengamankan layanan, dan kami meminta maaf untuk semua komunitas Twitch," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Twitch kena retas oleh hacker anonim. Data 125GB berisi informasi internal perusahaan bocor di forum online.

Secara rinci, kebocoran data Twitch ini berisi source code, informasi terkait produk yang belum dirilis, hingga detail pembayaran atau gaji ke kreator Twitch.

Baca Juga: 6 Cara Dapat Uang di Twitch Paling Mudah

Komentar