alexametrics

Mengenal Fitur dan Spesifikasi Tensor, Prosesor di Google Pixel 6

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Mengenal Fitur dan Spesifikasi Tensor, Prosesor di Google Pixel 6
Google Pixel 6 Tensor [Google]

Tensor dirancang oleh Google Research yang memungkinkan adanya kemampuan AI dan ML di chip.

Suara.com - Google membuat terobosan baru dengan tidak menggunakan chip buatan Qualcomm, Snapdragon, di ponsel Pixel buatannya. Sebagai pengganti, Google memakai prosesor buatan sendiri yang diberi nama Tensor.

Tensor adalah chipset buatan Google yang kini dipakai di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Prosesor ini pertama kali dikenalkan Google pada Agustus lalu, namun tidak dijelaskan secara rinci.

Saat itu, Google hanya mengungkap kemampuan Artificial Intelligence (AI/kecerdasan buatan) dan machine learning (ML) yang ada di Tensor. Setelah Pixel 6 dan Pixel 6 Pro resmi dirilis, Google akhirnya mengungkap spesifikasi dan fitur Tensor.

Mengutip GSM Arena, Minggu (24/10/2021), chip Tensor dibuat dengan fabrikasi 5nm. Prosesor ini terdiri dari delapan core yang terbagi menjadi besar, menengah, dan kecil.

Baca Juga: Bikin Lebih Interaktif, Twitter Akuisisi Aplikasi Perpesan Sphere

Tensor Chip. [YouTube/Made by Google]
Tensor Chip. [YouTube/Made by Google]

Core terbesar adalah dua ARM Cortex-X1 yang berjalan pada 2.8GHz. Ini lebih banyak daripada Snapdragon 888 yang hanya memiliki satu Cortex-X1.

Kemudian di bagian menengahnya adalah dua core Cortex A76 2.25GHz. Sementara bagian kecilnya adalah empat core Cortex-A55 1.8SGHz.

Lalu GPU ARM Mali-G78 yang bekerja untuk grafisnya. GPU ini juga sudah banyak dipakai di ponsel Android kelas flagship lain.

Google mengklaim chip Tensor di Pixel 6 lebih cepat 80 persen dari Pixel 5 sebelumnya. Perlu diketahui, Pixel 5 menggunakan prosesor Snapdragon 765G.

Tensor dirancang oleh Google Research yang memungkinkan adanya kemampuan AI dan ML di chip tersebut. Kehadiran dua teknologi itu membuat Tensor punya kemampuan seperti Motion Mode, Face Unblur, Speech enhancement mode, dan HDRnet ke video hingga 4K60.

Baca Juga: 5 Tips Tingkatkan Penjualan di WhatsApp selama Libur Akhir Tahun

System-on-chip (SoC) Tensor ini memiliki pengenalan suara otomatis yang diklaim paling akurat oleh Google. Teknologi ini bisa dipakai di banyak aplikasi seperti Recorder dan Live Caption tanpa menguras baterai.

Fitur lainnya yakni Live Translate yang memungkinkan terjemahan otomatis secara langsung di aplikasi seperti Messages hingga WhatsApp. Fitur ini juga berfungsi menerjemahkan ucapan dalam bentuk video.

Di sektor keamanan, Tensor menggunakan chip Titan M2 untuk melindungi data sensitif pengguna. Titan M2 diklaim mampu mencegah malware maupun serangan lainnya di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Komentar